Foto : DPPM UIR Sosialisasi Penanganan Luapan Air Sungai dan Pemetaan Geografis Berbasis Digital di Siabu

Suaramuda.com - Dalam rangka menunaikan Tridarma Perguruan Tinggi, Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Universitas Islam Riau (UIR) melaksanakan kegiatan dan sosialisasi kesiagaan bencana banjir yang bertemakan 'Rancangan Penanganan Luapan Air Sungai dan Pemetaan Digital Berbasis Sistem Informasi Geografis' di Desa Siabu Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar, Jumat (29/9/2023).

Aswir Saputra selaku perwakilan dari Pemerintah Desa Siabu mengucapkan rasa terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh dosen UIR atas sumbangsih dalam memberikan sosialisasi kesiagaan bencana banjir dan luapan air sungai di desanya.

Roza Mildawati, ST., MT Dosen Teknil Sipil UIR selaku narasumber menjelaskan pentingnya rancangan penanganan luapan air sungai di Desa Siabu dikarenakan kondisi desa itu yang dikelilingi oleh beberapa sungai sehingga sangat perlu diadakan penanganan air sungai secara tepat.

Tidak hanya mensosialisasikan kepada warga Desa Siabu mengenai rancangan penanganan luapan air sungai sebagai upaya kesiapsiagaan menghadapi banjir, Roza Mildawati juga menjelaskan, rancangan penanganan luapan air sungai juga bertujuan menjaga kesehatan masyarakat.

"Di kala banjir, Air menjadi kotor hingga menyebabkan kekurangan air bersih dan muncul genangan air yang kotor bisa menjadi pemicu timbulnya masalah kesehatan. Hal ini akan berdampak terhadap penyebaran wabah penyakit. Banyak penyakit yang timbul di daerah yang terkena banjir. Gangguan kesehatan ini rentan menyerang kalangan anak-anak dan lanjut usia, seperti gatal, diare bahkan sampai demam berdarah," terangnya.

Tim DPPM UIR yang turun ke Siabu beranggotakan Roza Mildawati, ST., MT sebagai ketua tim, Prof. Dr. Anas Puri, ST., MT sebagai anggota tim 1 serta Rafil Arizona, ST., M.Eng sebagai anggota 2.

Sri Hartati Dewi, ST., MT selaku dosen Teknik Sipil UIR yang juga sebagai narasumber mensosialisasikan kepada warga Desa Siabu dalam hal 'Pemetaan Digital Berbasis Sistem Informasi Geografis' untuk aparatur Desa Siabu'. Tim ini beranggotakan Sri Hartati Dewi, ST., MT sebagai ketua tim, Roza Mildawati, ST., MT sebagai anggota 1, Fitrianti, ST., MT sebagai anggota 2.

Kegiatan ini turut dihadiri pula oleh beberapa mahasiswa UIR. Mereka adalah M. Farhan Akbar, Rheda Pratama, Revina Evellyn Anggellika, Nadila Febriani, Dwi Nurdiansyah Ambarita, Muhammad Agustriadi, Fahmy Firmansyah.

Selain sosialisasi kesiagaan bencana banjir dan pemetaan geografis berbasis digital, DPPM UIR juga menyalurkan bantuan sosial sembako kepada warga yang kurang mampu berupa 1 papan telur, 4 bungkus mie instan, gula pasir 1 kg, minyak 1 liter/keluarga. (NAZ)