Foto : Kepala BNN Kabupaten Rose Iptriwulwndhani  di kediaman  Mbah Dunuk

Suaramuda.com - Jumat berkah, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Tulungagung Rose Iptriwulandhani bersama staf BNN dan perangkat desa setempat mengunjungi rumah mbah Dunuk yang tinggal sendiri di atas pegunungan di Desa Kalidawe, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Jumat (8/9/2023). 

Rasa penasaran Kepala BNNK Tulungagung dalam refleksi sosial di hari Jumat penuh berkah adalah ingin bertemu langsung dengan mbah Dunuk, sosok kartini firal yang masih sehat dan tetua di Kabupaten Tulungagung dengan usia 148 tahun. 

Kehadiran Kepala BNNK Tulungagung bersama rombongan di sambut hangat oleh mbah Dunuk, mereka langsung akrab bahkan berbincang bincang santai dan begitu akrab. 

" Mbah Dunuk orangnya sederhana dan rendah hati. Beliau sosok yg luar biasa. Selain sabar juga ilmu ikhlas yang banyak beliau sampaikan ke kam," kata Kepala BNNK Tulungagung Rose Iptriwulandhani.

Bagi Rose, perempuan hebat seperti mbah Dunuk sangat menginspirasi. Ternyata beliau menerapkan hidup untuk selalu sabar. Dari bincang bincang kami dengan mbah Dunuk, beliau mengajarkan arti kesabaran. Apapun yang terjadi dalam hidup, ataupun kita diperlakukan oleh orang lain dengan tidak benar (dizholimi) disuruh memilih sabar, jangan membalas. Biarkan tuhan nanti yang akan membalasnya.

Mbah Dunuk disebut sebut sebagai wanita tertua di Kabupaten Tulungagung, di usia 148 tahun orangnya tak patah semangat untuk menafkahi diri sendiri, jujur dan selalu bersyukur. "Mungkin 2 sikap dan sifat seperti itu salah satu faktor yang membuat beliau itu awet panjang umur sampai sekarang ini. Tidak mudah untuk menjadi pribadi yang sabar dan ikhlas.

Hal yang mengagumkan yaitu mbah Dunuk suka kebersamaan. Hal sepele yang kita lihat tadi, beliau tidak mau makan buah sendiri, namun minta semua makan bareng bareng. Arti kebersamaan buat beliau sangat penting, meski beliau terbiasa hidup sendiri, sehat terus ya mbah. (Indh).