Foto : Laksanakan Kunjungan Kerja, Pj Bupati Kampar Serahkan bantuan Kepada Anak Stunting

Suaramuda.com - Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus SE, MM melakukan Kunjungan Kerja ke Kecamatan Kampar dan Gunung Sahilan sekaligus menyerahkan bantuan kepada anak-anak stunting di kecamatan Kampar kiri dan kecamatan Gunung Sahilan berupa telur dan olahan makanan dari ikan dari Dinas perkebunan dan perikanan Kabupaten Kampar.

Kunjungan kerja ini dalam rangka silaturahmi sekaligus menghimpun aspirasi masyarakat desa guna percepatan pembangunan di 2 (dua) kecamatan yakni Kecamatan Kampar Kiri dan Gunung Sahilan yang dilaksanakan di Aula serbaguna kantor Camat Kampar Kiri. Senin, 28/8/2023.

Selain itu PJ Bupati Kampar juga menyerahkan 19 paket bantuan PMT pemulihan pangan lokal dari PT RAPP untuk Kecamatan Kampar Kiri yang terdiri dari Desa Teluk Paman sebanyak 2 paket, Teluk Paman Timur 4 paket, Kuntu 12 paket, dan Kuntu Darussalam 1 paket.

PJ Bupati Kampar mengucapkan terima kasih kepada PT RAPP atas kepeduliannya dan yang sudah turut serta berkontribusi terhadap pemerintah daerah dalam membantu masyarakat di Kabupaten Kampar.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada PT RAPP atas kepeduliannya dan yang sudah turut serta berkontribusi terhadap pemerintah daerah dalam membantu masyarakat di Kabupaten Kampar,"ucap Bupati.

Lanjut Bupati, Kepedulian perusahaan sangat diharapkan agar masyarakat juga merasakan keberadaan perusahaan. Semoga kepedulian terhadap masyarakat yang dilakukan PT RAPP ini dapat diikuti oleh perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Kampar.

PJ Bupati Kampar juga memaparkan beberapa tugas yang diberikan kepadanya dari Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Riau saat dilantik menjadi PJ Bupati Kampar diantaranya permasalahan penanganan dan penanggulangan kebakaran hutan atau karhutla.

“Ini harus kita antisipasi karena dampak dari karhutla ini cukup besar baik dari segi ekonomi, pendidikan, kesehatan, transportasi,”kata Firdaus.

Terkait masalah stunting yang juga bagian tugas yang diamanah yaitu penanganan, penanggulangan serta penurunan angka stunting.

Firdaus menyebutkan Ini merupakan program nasional yang harus kita selesaikan bersama-sama dan harus dituntaskan karena target nasional tahun 2024 angka stunting nol, untuk itu saya minta dukungan dari perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Kampar.

"Saya juga meminta Kepala Puskesmas terus laku koordinasi dengan kepala desa, tinjau serta lakukan pendataan dan penanggulangan dengan cepat, dengan demikian kita bisa tahu apa permasalahan yang ada di masyarakat dan dengan cepat menanggulanginya.pinta PJ Bupati Kampar,"ungkap Firdaus.

“kita tetap terus berupaya untuk menurunkannya, dimana standar nasioanal penurunan sekitar 14%, tapi kita sudah mencapai 11,2%. Kita berharap harus kita turunkan terus, target kita tahun 2024 stunting 0 di kabupaten kampar,"tegas Firdaus.

Pj Bupati Kampar juga menghimbau terkait mensukseskan pemilu 2024. “ada 5 hal yang harus kita lakukan dalam mensukseskan pemilu tahun 2024, pertama menjaga netralitas, mendata peserta pemilih atau masyarakat sesuai aturan yang berlaku, berikan sosialisasi agar memilih atau mencoblos dan jangan sampai golput, kemudian mendukung pendistribusian kebutuhan pemilu, serta menjaga keamanan dan kelancaran pemilu 2024,"imbuh Firdaus

Begitu juga, terkait kemiskinan ekstrem khususnya di Kampar Kiri Hulu. Saya juga meminta kepada OPD -terkait untuk mengatasi ini dengan program - program yang ada di kabupaten Kampar.

Hal penting juga perlu diketahui masyarakat, bahwa pada tahun 2023 ini pemda kampar akan melaksanakan seleksi Penerimaan PPPK di kabupaten Kampar lebih kurang sebanyak 4.844 formasi. Untuk tenaga sendiri Guru sebanyak 4.482 orang, dan untuk tenaga kesehatan 215 orang, serta untuk tenaga teknis 147 orang.

Taklupa juga, Firdaus menyampaikan terkait kesehatan UHC (Universal Health Coverage) diharapkan per 1 Oktober 2023 sudah bisa berjalan, UHC ini yaitu pelayanan kesehatan dengan menunjukkan KTP berdomisili Kabupaten Kampar mendapat kan pelayanan kesehatan gratis dengan menujukan KTP saja.

Turut mendampingi Pj Bupati Kampar pada acara tersebut Kepala Bappeda, Ardi Mardiansyah S.Stp, M.Si, Kepala Diskominfo dan Persandian sekaligus Plt. Kepala Dinas Lingkungan hidup, Yuricho Efril S.Stp, Kepala Dinas PUPR Afdal MT, Kepala Disdukcapil, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas DPPKBP3, Kasat Pol PP, Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga, Kepala Dinas Perikanan serta, Dinas Perkim.

Hadir pada acara tersebut Camat Kampar Kiri Marjanis SE, Camat Gunung Sahilan Musnaini M.Si, forkopimcam kecamatan kepala desa, ninik Mamak, tokoh agama, tokoh masyarakat di dua kecamatan tersebut. (INFOTORIAL)