Foto bersama usai upacara Hari Koperasi di halaman Pemkab Tulungagung.

Suaramuda.com - Pemerintah Kabupaten Tulungagung menggelar upacara peringatan Hari Koperasi ke-76 di halaman Pemkab Tulungagung dengan tema" Kemajuan Koperasi Kunci Kesejahteraan Masyarakat" Senin (4/8/2023).

Acara tersebut dihadiri jajaran Forkopimda, dan Organisasi Perangkat Daerah ( OPD) dan perwakilan koperasi Se Kabupaten Tulungagung.

Bupati Tulungagung Drs Maryoto Birowo mengatakan, peringatan Hari ulang tahun Koperasi yang ke-76, kita tau bahwa akses koperasi adalah usaha bersama berdasarkan azas kekeluargaan yang menjadi salah satu kunci kesejahteraan masyarakat, menjadi Soko Guru perekonomian rakyat dan bisa berkompetisi serta berkolaborasi dengan badan usaha lain demi kemajuan perekonomian dan pembangunan daerah dalam upaya mewujudkan Tulungagung Ayem Tentrem Mulyo Lan Tinoto.

Dikatakan Bupati, Banyak potensi koperasi yang dapat dikembangkan di sektor ril mulai sektor pertanian, peternakan, perdagangan, dan jasa pariwisata. Berdasarkan Online data system kementrian koperasi dan UKM RI, di Kabupaten Tulungagung ada 772 koperasi aktif dengan jumlah anggota sebanyak 103 ribu orang dan mempunyai aset sebesar Rp 698 Milyar, dengan volume usaha kurang lebih mencapai Rp 1,1 Trilyun .

Dilihat besarnya potensi ekonomi yang dapat dikembangkan oleh gerakan koperasi di Kabupaten Tulungagung.

Menjadi pertimbangan, ada 714 koperasi tidak aktif susah di bina lebih baik berhenti, karena pengelolaan koperasi yang tidak sehat memiliki resiko permasalahan dan akan merugikan. (Indh).