Foto : Semesta Job Fair 2023 SMKN 1 Tulungagung

Suaramuda.com - SMKN 1 Kabupaten Tulungagung menggelar Semesta Job Fair 2023 selama satu hari di halaman sekolah, diperuntukkan bagi alumni dan masyarakat umum, Rabu (11/10/2023).

Event Job Fair atau bursa kerja tahun 2023 ini, SMKN 1 Tulungagung bekerjasama dengan 52 perusahaan, dengan tujuan membuka peluang seluas luasnya untuk penempatan lokal, domestik dan juga lowongan untuk penempatan di luar negeri.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Tulungagung Sindhu Widyabadra mengapresiasi kegiatan Job Fair di SMKN 1 Tulungagung, terselenggaranya kegiatan ini para alumni bisa mencari lowongan pekerjaan yang dibutuhkan oleh setiap perusahaan.

"Mudah mudahan momen ini dapat digunakan sebaik baiknya, dan informasi Job Fair di SMKN 1 tidak untuk kelas 12 dan lulusan saja, akan tetapi mulai kelas 10 anak anak sudah mendapat informasi tentang bursa kerja," sukses SMKN 1 Tulungagung,"ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Sekolah SMKN 1 Tulungagung Muhari melalui Ketua Bursa Kerja Khusus ( BKK) Onny Nurhayanti kepada media menuturkan, Kegiatan ini merupakan salah satu program dari SMKN 1 unggulan, yang dihadiri oleh 52 partisipan terdiri dari 45 industri, termasuk lembaga pendidikan dan pelatihan siap kerja dan juga 7 instansi lembaga pendidikan ( Universitas).

Begitu Job Fair dubuka, ribuan Pencari pekerjaan sangat tinggi sehingga mereka datang menyerbu sejumlah stan dengan membawa lamaran yang dinilai sesuai dengan keinginan dan kualifikasi 

Seperti dijelaskan, untuk pelamar Job Fair di buka untuk umum, jadi mulai kelas 12 . Selain dari sekolah SMKN 1 Tulungagung sendiri juga dari luar SMK, untuk alumni semua SMK, selanjutnya untuk umum sampai jenjang setara satu.

Masih kata Onny, Perusahaan yang bermitra dengan sekolah tidak hanya dari Kabupaten Tulungagung saja, melainkan dari luar kota bahkan luar Jawa. Untuk yang luar negri prosesnya dari lembaga pendidikan dan pelatihan siap kerja terdiri dari lembaga Jepang, Jerman, Australia dan Korea Selatan.

"Kebetulan dari Semesta SMKN 1 Tulungagung baru dua kali melaksanakan Job Fair. Sebelumnya pelaksanaan Job Fair tahun 2017 yaitu mini Job Fair, dan kali ini sekolah mengadakan lagi yang benar benar besar. Tidak menyangka jika antusias masyarakat luar biasa baik dari partisipan ataupun dari pelamar," ungkap Onny Nurhayanti.

Sukses Job Fair menjadi harapan dan bukan semata untuk Even atau meramaikan sekolah. Karena SMKN 1 Tulungagung siap melayani antara iduka dan lembaga pendidikan untuk menjembatani terhadap pencari kerja dan lulusan yang ingin melanjutkan.

Beberapa deretan nama perusahaan partisipan semesta Job Fair 2023 diantaranya, PT Medion Ardhika Bakti Bandung, PT Putra Prima Mandiri Kediri ( PPMK), farm Kediri, PT.Jatinom Indah Grop Blitar,PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) Tulungagung, PT. Indomarco Prismatama, PT. Wasa Student Training Center, Mojokerto, PT. Barca Kawan Sejati Malang, PT. Bumi Menara Internusa, Lamongan, dan PT. Exa instute. (Indh)