Foto : Para siswa melamar kerja lewat Job Fair.

Suaramuda.com - SMK Negeri 2 Kabupaten Tulungagung menggelar event Job Fair 2023 selama dua hari, mulai Kamis dan Jumat (12- 13/10/2023),di Aula sekolah SMKN 2 Tulungagung dibuka untuk umum, lulusan SMA atau sederajat, Diploma dan S- 1.

Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Tulungagung, Endah Susilowati melalui Pengarah Job Fair, Amanu mengatakan, sengaja kita mendatangkan 33 perusahaan dan 3 dari Perguruan Tinggi, untuk menerima para siswa yang melamar kerja.

Selain itu, untuk meningkatkan daya serap terhadap tamatan SMK serta peluang kerja di dunia usaha dan dunia industri.

Adapun Perusahaan yang bergabung dalam kegiatan ini diantaranya, INKA Multi solusi, Alfa mart, PNM, Bagong transport, B& D Transport, Bina Artha, Pabrik kertas setia kawan, Astra Otoports, ACP, Busana Apparel Group, Kampung Welding Indonesia, EXA Institut, Sun Star Motor, BMI, Me Gacoan , Matahari, Auto 2000, PKSS, Crown Victoria Hotel dan BTPN.

"Sesuai dengan kebutuhan kerja, melalui Job Fair tentunya akan mempermudah bagi calon tenaga kerja dalam mencari lowongan pekerjaan ( Loker) sekaligus untuk menyalurkan keahlian para siswa terhadap perusahaan perusahaan yang membutuhkan," ucap Amanu. 

Kegiatan Job Fair yang dipersiapkan secara matang diperuntukkan bagi alumni dan umum, khususnya bagi siswa kelas XII dah kelas XIII. Karena di kelas XIII ada jurusan teknik Otomasi Industri, karena industri sudah menjemput siswa yang berkopeten dan sudah terlatih.

Bagi yang berminat mencari pekerjaan pada Job Fair, para pelamar harus membawa persyaratan, surat lamaran kerja, Curriculum Vitae ( CV), pas foto 3x4, fotocopy KTP, fotocopy Ijazah terakhir dan Transkip nilai, materai .

Amanu menyebutkan, antusias anak anak dalam Job Fair sangatlah besar, terbukti banyak pertanyaan di masing masing perusahaan, ini menandakan mereka memiliki gambaran di perusahaan mana yang akan dipilihnya. " Alhamdulilah kegiatan ini berjalan dengan baik,"ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, salah satu sisiwi kelas XII SMKN 2 Tulungagung, Sekar mengaku senang dengan adanya Job Fair.
 
Menurutnya, Job Fair memberi kesempatan bekerja dan mencari pengalaman sesuai kemampuannya dibidang akutansi, " saya ingin setelah lulus sekolah akan melanjutkan kuliah dan bekerj,"pintanya. (Indh).