Foto : Hari Jadi ke-818 Kabupaten Tulungagung, Pemkab Gelar Upacara Bersih Nagari.

Suaramuda.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung menggelar prosesi kirab Bersih Nagari dalam rangkaian Hari Jadi ke-818 Kabupaten Tulungagung, Sabtu (18/11/2023).

Upacara diawali dengan kirab Pataka (panji panji) dari halaman Pemkab Tulungagung menuju Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso dengan membawa dua tumpeng raksasa yang disebut Buceng Lanang dan Buceng Wadon.

Dalam prosesi hari jadi Kabupaten Tulunggung ke- 818 ini di tandai dengan penyerahan Pataka lambang Kabupaten Tulunggung dari Ketua DPRD kepada Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno.

" Makna Hari Jadi ini merupakan sarana untuk bersama - sama menjadikan Kabupaten Tulungagung sebagai kabupaten yang tangguh, tumbuh, tanggap dan berkelanjutan menuju kesejahteraan, sehingga bisa menjadi kabupaten yang Ayem Tentrem Mulyo Lan Tinoto," Kata Pj Heru Cahyono.

Heru Susanto menyebut, Kabupaten Tulungagung telah mengalami kemajuan dalam berbagai hal. Seperti kemajuan fisik, dari yang awalnya didominasi kawasan rawa, kini sudah diisi oleh wilayah nan semakin berkembang.

Selain itu, terkait pengembangan kawasan wisata juga cukup mencolok. salah satunya pembangunan JLS, hingga potensi wisata geopark dengan ikon homo wajakensisnya.

Kata Heru, dengan adanya pembangunan jalan tol Kediri - Tulungagung, tentu akan mengimbas pada perkembangan perekonomian masyarakat. (Indh).