Foto : Ilustrasi Internet.

Suaramuda.com - Sejumlah tokoh dari berbagai kalangan telah mengambil formulir pendaftaran Bakal Calon Bupati (Bacabup) melalui PKS. Sejumlah nama tersebut telah lama diisukan bakal meramaikan kontestasi Pilkada Kampar 2024 mendatang.

Kata Ketua DPD PKS Kabupaten Kampar, Tamaruddin hingga saat ini sudah ada 7 figur yang mengambil formulir di kantor partainya. Namun ia mengatakan, belum bisa mempublis nama-nama itu saat ini. 

"Belum bisa kita dipublis, menunggu mereka mengembalikan formulir tanggal 16-30 November 2023," ucap Tamar, Senin (13/11/2023).

PKS Kampar sebelumnya telah mengumumkan bakal calon bupati dari internal mereka. Bacalon bupati dari kader sendiri ada 4 nama. Mereka adalah Fahmil, Mawardi Muhammad Saleh, Tamaruddin dan Teguh Sahono.

Di PKS sendiri ada dua proses perekrutan Bakal Calon Bupati Kampar, pertama ada penjaringan bakal calon dari internal, kedua ada proses penjaringan dari eksternal.

Saat ini, PKS tengah serius mempersiapkan diri menyambut pemilihan legislatif (pileg) sekaligus fokus mempersiapkan diri menyongsong pemilihan kepala daerah (pilkada).

"Selain menjalankan tahapan pileg 2024, PKS Kampar juga sedang menjalankan tahapan pilkada 2024," ujar Tamaruddin, Minggu, 8 Oktober 2023.

Kata Ketua DPD PKS itu, partainya memasang target menang pileg. Dengan kerja politik yang telah dilakukan selama ini, pihaknya yakin, PKS mampu meraih kursi parlemen terbanyak sehingga bisa mendudukkan kader sebagai ketua DPRD.

PKS sebut dia, akan bekerja keras mempersiapkan mesin politik agar kader partai dakwah ini bisa duduk di tampuk kekuasaan, yaitu mampu menjadi Bupati Kampar.

Diakui Tamar, sejauh ini belum ada satu nama pun yang sudah final yang diputuskan oleh partai untuk benar-benar diusung jadi calon bupati. Meski begitu, ia selaku kader sekaligus sebagai ketua partai siap maju bila benar diusung partai.

Pantauan, sejauh ini, dari internal PKS Kampar setidaknya ada dua nama yang potensial yang layak diusung jadi calon bupati. Nama pertama ada Syahrul Aidi Maazat yang kini duduk di DPR RI. Kedua, tentu saja ada nama Tamaruddin.

Hanya saja, Syahrul Aidi disebut-sebut akan lebih fokus di DPR RI sebagai perwakilan Riau. 

Dari informasi yang kami himpun, Syahrul Aidi hanya akan bertarung di level pemilihan gubernur (pilgub) bukan di pemilihan bupati (pilbup).

Dengan demikian, hanya tersisa satu nama untuk diusung PKS DI Pilbup Kampar di November tahun depan. Dan nama itu adalah Tamaruddin.

Sekilas tentang Tamaruddin.

Politisi yang saat ini dipercaya menjabat sebagai Ketua PKS Kampar telah mendapat amanah baru, yakni telah dilantik sebagai anggota DPRD Provinsi Riau hasil Pergantian Antar Waktu (PAW) almarhum Ardiansyah yang meninggal dunia karena sakit.

Tamaruddin merupakan putra asli kelahiran Desa Salo, Kecamatan Salo dari keluarga petani karet. Tidak hanya sebagai ketua partai, sehari-hari ia juga aktif berdakwa dari masjid ke masjid, musholla ke musholla. (NAZ)