Foto : Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno membuka Festival Olahraga Tradisional.

Suaramuda.com - Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno secara resmi membuka festival olahraga tradisional dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Tulungagung ke-818, yang dilaksanakan di lapangan hutan Kota, Jumat (3/10/2023).

Pemkab Tulungagung melalui Dinas Pemuda dan Olahraga, Festifal Olah Raga tradisional tersebut diikuti ratusan peserta berasal dari ASN di seluruh OPD Lingkup Pemkab Tulungagung.

Kepala Dinas Pemuda Dan Olah Raga Kabupaten Tulungagung Ahmad Mugiono menerangkan, tujuan acara ini adalah untuk mendorong minat masyarakat agar gemar berolahraga serta untuk memasyarakatkan olahraga Tradisional. 

Adapun olahraga yang dilombakan yaitu egrang Putra, Terompah Putra, Terompah putri dan tarik tambang, diikuti peserta sebanyak 16 OPD, Terompah Putra 37 OPD, Terompah putri 28 OPD dan tarik tambang diikuti 32 OPD”, ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno mensuport kegiatan festival olahraga tradisional, mudah-mudahan acara ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. 

Sesuai undang-undang nomor 11 tahun 2022 tentang keolahragaan, ruang lingkup olahraga meliputi : olahraga pendidikan, yang diselenggarakan dalam rangka untuk membentuk karakter, membentuk jiwa sportifitas, dan membentuk jiwa kedisiplinan, olahraga masyarakat.

Hal ini bertujuan untuk membudayakan aktivitas fisik, menumbuhkan kegembiraan, meningkatkan kesehatan dan kebugaran, serta membangun hubungan sosial serta olahraga prestasi. Sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan dan potensi olahragawan dalam rangka meningkatkan harkat dan martabat bangsa.

Olahraga tradisional ini masuk dalam lingkup olahraga masyarakat, guna membudayakan aktivitas fisik, menumbuhkan kegembiraan, meningkatkan kesehatan dan kebugaran, serta membangun hubungan sosial. 

"Adanya festival olahraga tradisional ini,saya harap bisa menjadi ajang silaturahmi bagi aparatur dari seluruh OPD", harap Heru Suseno. (Indh).