Foto : Komandan Pos Pengamat ( Danposmat) TNI AL Tulungagung Letda Laut (P) Agung Utomo 

Suaramuda.com - Komandan Pos Pengamat (Danposmat) TNI AL Kabupaten Tulungagung Letda Laut (P) Agung Utomo menyampaikan program Karya Bhakti berupa Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) sebagai sarana meningkatkan kualitas hidup wilayah pesisir dalam percepatan pembangunan kesejahteraan masyarakat. 

"Sebagai Komandan baru, saya menyiapkan komponen persenjataan armada terpadu untuk mendukung adminitrasi dan juga logistik yang suatu saat terdapat kapal kapal patroli, KRI, nantinya beroperasi di wilayah selatan menjadi potensi pembinaan masyarakat pesisir," ungkap Letda Laut (P) Agung Utomo, Kamis (23/11/2023).

Adapun program Rutilahu (Rumah Tidak Layak Huni) terhadap masyarakat kurang mampu yang dilaksanakan oleh Lantamal V Surabaya, adalah kepedulian TNI AL dalam mewujudkan rumah sehat dan layak ditempati.

Danposmat Letda Laut (P) Agung Utomo mengatakan, Kegiatan karya Bhakti TNI AL dengan memperbaiki tempat tinggal dengan jumlah 86 unit rumah tersebar di Desa Kalibatur, Desa Jengglungharjo, Desa Ngretjo, Desa Besuki, dan Desa Suyoto Bagus.

Disebutkan pula, keberadaan Posmat TNI AL di wilayah kerja cukup luas, apalagi minimnya personil hanya 4 orang. Maka itu, harus di bagi secara bergantian, wilayah Sine ada anggota yaitu Kopka Dwi, sedangkan di wilayah Klatak ada anggota Serda Koco dan di situ juga terdapat Pokmaswas (Kelompok Masyarakat Pengawas).

Jika ada kejadian di wilayah, masyarakat di minta segera melaporkan agar TNI AL gerak cepat membantu, entah itu kejadian dari alam atau kecelakaan laut. (Indh).