Foto : Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Ana Sapti Saripah

Suaramuda.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Tulungagung siaga melayani resiko bencana dalam rangka kesiapsiagaan dan antisipasi upaya pengurangan resiko bencana alam ataupun non alam, sehingga berkomitmen guna meningkatkan kewaspadaan dan melakukan mitigasi serta kesiapsiagaan bencana hidrometeorologi.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tulungagung Ana Sapti Saripah, S.KM menyampaikan, tiga peran Dinkes yaitu Pra yakni mitigasi, saat kejadian dan saat setelah kejadian.

Dengan mitigasi itu, bagaimana kita menyiapkan seluruh jajaran kesehatan siap ketika ada bencana. "Kita sudah menyusun segala sumber daya yang ada apakah pelatihan kepada kawan kawan sewaktu waktu ada bencana," kata Ana, Rabu (6/12/2023).

" Ketika terjadi bencana, kita akan terjun bersama sama dengan tim yang lain untuk memberikan pelayanan kesehatan. Setelah kejadian bencana kita wajib melakukan evaluasi, melakukan pengamatan barangkali ada kejadian kejadian pasca bencana penyakit tanpa sebab bencana, seperti diare, penyakit kulit, dan penyakit penyakit yang berkaitan dengan binatang, serta serangga kita melakukan penanganan," ujarnya. (Indh)