Foto : Salah satu penyakit musim pancaroba.

Suaramuda.com - Penyakit pancaroba atau pergantian musim cukup sering terjadi di negara tropis seperti Indonesia. Pada musim ini, cuaca yang lembab dan panas sangat cocok untuk pertumbuhan bakteri dan virus, sehingga mudah terjadi infeksi dan akhirnya membuat tubuh jatuh sakit.

Beberapa penyakit yang sering ditemui saat musim pancaroba yaitu, Influenza atau dikenal dengan flu, diikuti dengan gangguan pengecapan, demam, nyeri tenggorokan, persendian sampai badan terasa pegal dan capek semua.

Fasilitator BPOM BIG Indonesia Masduki mengatakan, Influenza atau lebih dikenal dengan sebutan flu merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus RNA dari famili Orthomyxoviridae (virus influenza) yang menyerang unggas dan mamalia. 

Gejala yang paling umum dari penyakit ini adalah demam, batuk pilek, rasa kedinginan (menggigil), nyeri otot, nyeri kepala berat, nyeri tenggorokan dan rasa kelelahan.

" Influenza dapat menimbulkan mual dan muntah, terutama pada anak-anak," ujar Masduki, Senin (4/12/2023).

Karena itu, masyarakat di minta untuk menjaga kesehatan dengan cara mengkonsumsi vitamin C atau makanan sehat dan bergizi seimbang, serta menjaga kebersihan tubuh dengan rutin mandi. (Indh).