Foto : BPBD Kabupaten Tulungagung  menyalurkan air bersih ke desa desa terdampak kemarau panjang

Suaramuda.com - Tahun Baru 2024, peningkatan kekeringan di Kabupaten Tulungagung meluas ke pegunungan sejumlah desa mengalami krisis air bersih.

Untuk mencukupi kebutuhan masyarakat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tulungagung sampai saat ini terus mendistribusikan 3 sampai 6 tangki air bersih per harinya ke lokasi.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tulungagung Gilang mengatakan, BPBD bergerak cepat ( Gercap) menggelontorkan air bersih ke wilayah terdampak hingga ke daerah pegunungan.Hal ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat.

" Kita sudah menyiapkan ratusan ribu liter air bersih kepada warga yang membutuhkan air bersih akibat musim kemarau panjang," kata Gilang, Selasa (2/01/2024).

Data yang tercatat di BPBD, ada 7 Kecamatan, 12 desa, serta sekitar 170 tangki, rincian perhari nya mengirim air bersih 4 hingga 6 tangki ke desa desa terdampak Krisis air bersih.

Adapun tuju Kecamatan yang dilanda kekeringan yaitu, Kecamatan Kalidawir, Kecamatan Besuki, Kecamatan Campurdarat, Kecamatan Tanggunggunung, Kecamatan Pucanglaban, Kecamatan Rejotangan, dan Kecamatan Bandung yakni Desa Sebalor. (Indh).