Foto: Cegah stunting Camat Setiono beri bantuan ikan sehat ke warga.

Suaramuda.com - Pemerintah Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung menggelar Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) tahun 2024 dengan tema," Ayo Makan Ikan !! Untuk Generasi Sehat Kuat dan Cerdas", di kantor kecamatan, Selasa (27/2/2024).

Camat Pagerwojo Setiono dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Dinas Perikanan yang telah memberikan bantuan pengolahan hasil perikanan sebagai program pemerintah untuk menurunkan angka setunting di wilayah Pagerwojo.

Ada 11 desa mendapat paket berupa produk perikanan, yang bertujuan agar anak anak dapat memperbanyak mengkonsumsi ikan." Olahan ikan sangat baik untuk pencegahan stunting sejak dini, terlebih jenis ikan menjadi salah satu sumber gizi dan protein, baik nutrisinya untuk kecerdasan otak," kata Setiono.

Sementara itu, Kepala Bidang P2HP Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung Purwaning menyampaikan, Dinas Perikanan menyalurkan bantuan olahan produk perikanan di 2 kecamatan yaitu, Kecamatan Gondang dan Kecamatan Pagerwojo. Di Kecamatan Gondang sebanyak 158 paket bantuan dan di Kecamatan Pagerwojo sebanyak 140 paket bantuan olahan perikanan.

Adapun paket bantuan yang diberikan kepada warga Kecamatan Pagerwojo berupa, ikan berbumbu, sumpai ikan, abon ikan, kerupuk ikan mentah, onde onde ikan, krispi kulit ikan patin, dan ikan kaleng yang di kemas dalam tas Gemarikan.

Menurutnya, bantuan ini merupakan bentuk komitmen pemerintah Kabupaten Tulungagung dalam upaya penanggulangan stunting, yang mana stunting ini merupakan masalah serius yang dapat berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan anak anak.(Indh).