Foto : Cegah stunting, Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung  gencarkan pemberian paket ikan olahan di Kecamatan Gondang.

Suaramuda.com - Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung menggelar sosialisasi dalam rangka Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan, (Gemarikan) dan penyerahan bantuan produk olahan hasil perikanan tahun 2024, Kamis (22/2/2024).

Kegiatan yang dilaksanakan di Kecamatan Gondang tersebut mengusung tema, " Ayo Makan ikan !! Untuk Generasi Sehat Kuat dan Cerdas!". 

Kepala dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung Lugu Tri Handoko melalui Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Ikan (P2 HP) Purwaningsih mengatakan, sesuai dengan tema bahwa Gemarikan adalah memasyarakatkan makan ikan sejak dini untuk anak anak kecil, balita khususnya balita yang resiko stunting. Di Kecamatan Gondang ada 158 paket bantuan yang kita ambil 18 desa, dari 18 desa ada 158 anak.

Masing masing dari mereka diberikan satu paket berupa , kulit crispy, ikan berbumbu, onde onde dari ikan, abon ikan, opak gambir, kerupuk ikan mentah dan ikan kalen. Kesemuanya merupakan produk unggulan olahan ikan yang sangat berpengaruh untuk kesehatan.

Menurut Purwaning, kegiatan ini nantinya akan berkelanjutan. Setelah kegiatan gemar makan ikan di Kecamatan Gondang, Minggu depan Dinas Perikanan akan melakukan sosialisasi ke desa atau Kecamatan Pagerwojo dengan 11 desa sebanyak 140.

"Sebenarnya lokus ada 20 desa di beberapa kecamatan. Karena keterbatasan anggaran kami hanya melaksanakan di dua kecamatan," Sambungnya.

Stunting memang menjadi masalah sehingga mendapat perhatian penuh khususnya mulai dari usia 6 bulan sampai 2 - 3 tahun. " Tadi itu ada bumil ( ibu hamil) dengan anaknya bertubuh kecil beresiko stunting. Karena ibunya waktu hamil juga beresiko yang artinya kekurangan gizi ada pada ibuknya,"ujar Purwaning.

Beberapa hal yang penting dilakukan adalah kerjasama dengan instansi terkait diharapkan intervensi balita stunting di Kecamatan Gondang, pemberian menu tambahan bagi ibu hamil sebagai upaya ikut menurunkan angka stunting di Kabupaten Tulungagung. 

Melalui Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Ikan (P2 HP) terus mengenalkan ikan sejak dini pada anak anak balita, serta melakukan edukasi gizi kepada masyarakat.

Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung juga berupaya memberikan informasi pentingnya makan ikan kepada masyarakat, salah satunya adalah dengan melaksanakan Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). (Indh).