Foto : Pengukuhan Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan se-Kabupaten Tulungagung disaksikan  oleh Pj  Bupati Tulungagung Heru Suseno.


Suaramuda.com - Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan se-Kabupaten Tulungagung masa khitmat 2024-2029, resmi dikukuhkan oleh Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno, di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, Rabu ( 28/5/2024).

Pengukuhan disaksikan langsung oleh Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno, Ketua DPRD Kabupaten Tulungagung, Dandim 0807/ Tulungagung, Kapolres Tulungagung, Kejari, Kepala Pengadilan Negeri Tulungagung, Sekda, Ketua dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur, serta Ketua dan pengurus MUI Kabupaten Tulungagung.

Surat Keputusan ( SK) Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Tulungagung
Nomor : Kep-02 s/d Kep-20/Dp-Kab/MUI-TA/III/2024, tentang Susunan dan Personalia Pengurus Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia Kecamatan Se-Kabupaten Tulungagung Masa Khidmat 2024 – 2029 yaitu, 

1. Ketua Umum MUI Kecamatan Kota Tulungagungm Dr. H. Masduki, M.Pd 

2. Ketua Umum MUI Kecamatan Boyolangu, K. Sumardi Thohir

3. Ketua Umum MUI Kecamatan Kedungwaru, Prof. Dr. H. Kojin, MA 

4. Ketua Umum MUI Kecamatan Ngantru, Drs. KH. Yazid Basthomi 

5. Ketua Umum MUI Kecamatan Kauman, K. Mualif 

6. Ketua Umum MUI Kecamatan Gondang, H. Zainul Fuad, SE.M.Pd, 

7. Ketua Umum MUI Kecamatan Pagerwojo, Samsuri. S.Pd 

8. Ketua Umum MUI Kecamatan Sendang, H. Wasis Yunus. S.Pd.I 

9. Ketua Umum MUI Kecamatan Karangrejo, KH. Imam Musthofa

10. Ketua Umum MUI Kecamatan Ngunut, Drs. K.H. Nasihudin Duhri 

11. Ketua Umum MUI Kecanatan Sumbergempol, KH. Moh. Sahlan 

12. Ketua Umum MUI Kecamatan Rejotangan, KH. Burhanuddin Mukhtar 

13. Ketua Umum MUI Kecamatan Kalidawir, H. Asmu’i, S.Pd.I 

14. Ketua Umum MUI Kecamatan Pucanglaban, KH. M. Ma’mun Abdulloh 

15. Ketua Umum MUI Kecamatan Campurdarat, KH. Damanhuri Risya 

16. Ketua Umum MUI Kecamatan Tanggunggunung, K. Jamaluddin 

17. Ketua Umum MUI Kecamatan Bandung, KH. Kurmin 

18. Ketua Umum MUI Kecamatan Besuki, Dr. M. Da’i Robbi, M.Ud. 

19. Ketua Umum MUI Kecamatan Pakel, K. Imam Muslim. 

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno mengatakan, MUI dapat memberikan karya-karya terbaik bagi masyarakat Kabupaten Tulungagung, khususnya peningkatan iman dan taqwa, serta dapat lebih meningkatkan kerjasama yang selama ini sudah terjalin dengan baik.

MUI merupakan suatu lembaga yang mewadahi para ulama dengan mempunyai peran penting dan strategis dalam pembinaan umat, sehingga pembentukkannya pun sampai ke tingkat daerah terutama di Kabupaten Tulungagung.

Sebagai mitra Pemerintah, MUI ikut menyumbang pemikiran atau gagasan cemerlang dalam menggalang persatuan dan kesatuan umat, dan banyak memberikan kontribusi terhadap program pembangunan, terutama dalam pembangunan akhlak umat Islam", ucap Pj Bupati Heru Suseno.

Melalui momentum Pelantikan ini, keberadaan pengurus MUI harus menjadi sosok pendingin di tengah-tengah masyarakat. Jika terjadi suatu permasalahan di tengah-tengah masyarakat terkait dengan permasalahan agama, MUI harus bisa mengambil keputusan yang tepat

Dan yang tidak kalah penting adalah, "pengurus MUI harus bisa menjaga kondusifitas, guyub rukun serta bersinergi dengan Pemerintah,supaya Kabupaten Tulungagung semakin maju, sehingga terwujud Tulungagung yang Baldatun Thoyyibatun Wa Robbun Ghofur sesuai dengan harapan kita", tegas Heru Suseno.

Pj Bupati Heru Suseno berharap, MUI semakin memperkuat syiar agama bagi masyarakat, mengingat tantangan-tantangan  dalam kehidupan semakin berat dan beragam, maka harus dibentengi dengan amalan dan Agama. (Indh).