Iklan

Iklan

,

Iklan

Tempat Wisata Alam Air Terjun Sungai Gagak di Kampar Riau

Redaksi
10 Apr 2022, 10:28 WIB Last Updated 2022-11-08T12:41:44Z
Tempat Wisata Alam Air Terjun Sungai Gagak di Kampar Riau

KAMPAR - Siapa sangka di Dusun 1 Pincuran Bilah, Desa Koto Mesjid, Kecamatan XIII Koto Kampar menjadi tempat wisata alam.


Salah satunya tempat wisata alam Air Terjun Sungai Gagak yang dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.


Baik dari wisatawan lokal, daerah dan luar darerah Provinsi Riau. Tempat wisata alam ini menjadi tempat yang asri dan nyaman.


Apalagi airnya yang bersih, dan indahnya alam saat menuju ke lokasi wisata tersebut. Nah air terjun ini juga bisa dimanfaatkan oleh  masyarakat setempat.


Air terjun sungai gagak ini memiliki 7 tingkat, Ditingkat 7 inilah masyarakat setempat memanfaatkan air yang bersih dan jernih.


Dengan cara menghubungkan pipa paralon besar untuk dibawa ke tempat penampungan di dusun masing-masing. 


Masyarakat setempat sudah menikmati air ini semenjak tahun 2000 lebih kurang sudah 22 tahun. Tidak hanya sekedar memberi manfaat untuk masyarakat setempat.


Sungai gagak ini juga dikelola Pemuda Pokdarwis Desa koto mesjid menjadi wisata alam Tempat pemandian.


Dan tempat berkreasi anak muda, keluarga dan komunitas yang dikelola dari tahun 2019 lebih kurang baru Tiga Tahun.


Dengan semangat dan kerja keras pemuda bersama elemen masyarakat, Wisata sungai Gagak menjadi salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi para wisatawan setiap tahunnya.


Wisata sungai gagak menyediakan tempat camping, family gathering, makan bersama keluarga. Dengan khas bakar ikan patin segar yang langsung dibakar oleh pengelola Pokdarwis  anak-anak muda.


Desa Koto Mesjid selain memiliki tempat wisata yang indah, kampung ini juga memiliki tempat penyalaian ikan patin (sentra perikanan).


Kemudian ada caffe BUMDES desa, dengan menu dan minuman le gkap khas kampung patin dan juga ada galeri tempat bermain anak-anak.


Dikampung ini juga tersedia tempat penginapan atau home stay untuk para wisatawan yang ingin bermalam di desa kampung patin. 


Banyak lagi yang bisa dinikmati dikampung patin ini, setiap wisatawan yang datang bisa mengelilingi objek-objek wisata dengan memakai odong-odong BUMDES desa.


Inilah kenyataan Desa koto mesjid dengan motto tiada rumah tanpa kolam, dimana setiap rumah memiliki kolam ikan patin.


Selain penghasil ikan patin tersebar di berbagai daerah, kampung ini juga memiliki aneka ragam oleh-oleh khas alami dari patin. Ada kerupuk patin, naget, bakso patin dan kerupuk patin.


Penasaran dengan kampung patin, yok langsung kunjungi hanya Tiga jam naik kendaraan dari Pekanbaru. 


Liburan murah sudah bisa menikmati wisata dan melihat keunikan Desa Koto Mesjid. 


Demikianlah sekilas informasi tentang Tempat Wisata Alam Air Terjun Sungai Gagak di Kampar Riau. AyokBerkunjung ke Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Iklan