Iklan

Iklan

,

Iklan

Pemkab Kampar Dukung 1 Kecamatan, Satu Desa Statistik oleh BPS Riau

Redaksi
19 Mei 2022, 06:38 WIB Last Updated 2022-05-18T23:38:01Z

Pemkab Kampar Dukung 1 Kecamatan, Satu Desa Statistik oleh BPS Riau

PEKANBARU - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau menggelar Acara Launching Pembinaan satu Kecamatan, Satu Desa Cinta Statistik . Helat ini bertempat di Gedung Daerah Balai Serindit, Rabu, 18 Mei 2022.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia Margo Yuwono, Direktur Diseminasi Statistik Pudji Ismartini, Gubernur Riau Syamsuar.

Bupati/Walikota se Provinsi Riau, Kepala BPS Provinsi Riau Misfaruddin, Kepala BPS Kabupaten dan Kota di Provinsi Riau.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) Provinsi Riau, Kepala Dinas PMD Dukcapil Provinsi Riau, Kepala Bappeda Provinsi Riau, Tim Pembina Desa BPS Provinsi Riau.

Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Kampar Yuricho Efril  yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik Sri Marsi Turni Astuti.

Dikatakan Sri Mardi Turni Astuti, Pemerintah Kabupaten Kampar melalui Diskominfo Kampar siap mendukung dan menyukseskan Program Satu Kecamatan Satu Desa Statistik (Sicantik).

Launching Desa Cinta Statistik atau Desa Cantik merupakan salah satu program pembinaan dari Badan Pusat Statistik terkait dengan pelaksanaan kegiatan statistik mulai dari pengumpulan data, pemeriksaan, pengolahan dan menampilkan data.  

Peluncuran Desa Cantik ini bertujuan agar data yang dihasilkan bermanfaat bagi masyarakat desa dan juga nantinya akan lahir desa yang tidak hanya melek terkait statistik tetapi juga mempunyai pemahaman yang baik dalam pemanfaatan data desa itu sendiri.  

Dalam kesempatan tersebut, Gubri Syamsuar mengucapkan terimakasih dan selamat datang kepada Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia, Margo Yuwono bersama rombongan di Bumi Lancang Kuning Provinsi Riau.  

"Kami tentunya sangat senang sekali Bapak hadir disini, sekaligus dapat memberikan motivasi kepada kami dan seluruh jajaran yang ada disini," ujar Gubri. 

Gubri juga berharap melalui kegiatan tersebut dapat memberikan pengetahuan tentang pentingnya data yang senantiasa akurat dan up to date kepada semua lini yang ada di daerah mulai dari provinsi sampai ke tingkat desa.  

"Karena itulah tentunya kami menyambut baik apa yang telah disampaikan oleh Bapak Kepala BPS beberapa waktu lalu," harapnya.  

Sementara itu, Kepala BPS Provinsi Riau, Misfaruddin dalam laporannya mengatakan bahwa penyelenggaraan Acara Pembinaan Desa Cinta Statistik Provinsi Riau ini dilaksanakan secara hybrid berupa kombinasi antara luring dan daring. Ia menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan suatu terobosan besar yang dibuat oleh Badan Pusat Statistik (BPS). (**)

Iklan