Iklan

Iklan

,

Iklan

Sembilan Desa Terisolir Di Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Dr. Kamsol : Infrastruktur menjadi Persoalan Utama

Redaksi
10 Jun 2022, 00:17 WIB Last Updated 2022-06-09T17:17:51Z
KAMPAR - PJ Bupati Kampar Dr. H. Kamsol Jalin Silaturahim dan Komunikasi dengan camat  Kampar kiri hulu  Beserta Sembilan Kepala Desa di Kecamatan Kampar Kiri Hulu.

Pertemuan tersebut Terkait Permasalahan yang ada di Kecamatan Kampar Kiri Hulu,Kamis, 8 Juni 2022.

Dalam kesempatan tersebut Camat Kampar Kiri Hulu Firdaus, menjelaskan bahwa kampar kiri hulu terdiri dari 24 desa yang berada pada jalur kuning, jalur kining ini alhamdulillah sudah ada jalan ,tapi jalannya sangat ekstream, jalur ini terdiri dari 7 desa, yang jalur tengah itu juga terdiri dari 7 desa, dan jalur kiri terdapat 9 desa.

"daerah ini dikatakan dengan 3T, Terpencil, Terisolir dan tersulit. Dan menurut laporan 23 desa ini sebenarnya masuk daerah tersulit. Ada 8 desa yang paling sangat tersulit disebelah kiri, itu tidak ada jalur yang dilewati selain melalui sungai dan bisa dikatakan daerah sangat tersulit," Ungkap Firdaus

“Yang dimaaksud sulit adalah kehidupan cuman menyadap karet aja, dan itu sampan ditarek di atas pulau, kalau airnya banjir itu tidak bisa dilewati karna gelombang,” kata Firdaus

Menurut datanya ruas panjang jalan itu dengan keseluruhannya 36,7 Km, jadi yang belum dibangun lebih kurang 8 Km, itu semua ditepi sungai banyak yang terjang dan sudah di atasi secara manual, ternyata sulit dan tidak siap.

"kalau lah bisa dilewatkan alat berat dengan atasi jalan ini, ongkos nya akan lebih murah dan manfaatnya akan lebih besar untuk masyarakat kita," harapnya

"Jadi itu lah harapan kami kepada bupati, mohon bantuan dan permohonan kami, itu jalur interpretasi. mungkin pembangunan yang tertunda, dan alhamdulillah adanya bapak saya sangat berharap mudah mudahan ini bisa diteruskan dan di atasi dengan lancar sehinga besar harapan saya masyarakat bisa merasakan manfaatnya,”harap firdaus.

Selain itu 9 Kepala Desa sangat berterima kasih kepada Bupati Kampar yang telah memanggil kami ke Rumah Dinas Bupati, ini pertama kali di panggil seperti ini dan sangat istimewa bagi kami, kami sangat berterima kasih atas pertemuan ini untuk mencari solusi terhadap permasalahan yang telah dihadapi oleh masyrakat yang bertahun-tahun dihadapi. Niat baik Bupati ini sangat apresiasi dan semoga bapak selalu dalam menjalankan tugas sehari-hari " 

Diantara Kepala Desa yang di terima Bupati Kampar, dimana setiap kepala desa di tanyai oleh Bupati terhadap permasalahan yang dihadapi masyrakat yakni Kepala Desa Tanjung belit Efri Desmi, Kepala Desa Muarabio Hardius, Kepala Desa Batu Sanggan Industri, Kepala Desa Tanjung Beringin Saib, Kepala Desa Gajah Bertalut Zuber, Kepala Desa Tersan Azuar, Kepala Desa Subayang Jaya Abenri, Kepala Desa Aur Kuning Damri, Kepala Desa Pangkalan Serai Usman Dan kepala desa Tanjung Belit Selatan Rusdi Sahar. 

Pj. Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, mengatakan bahwa pertemuan ini juga untuk memaksimalkan bagaimana Program-Program Pemerintahan atau Permasalahan tentang akses Jalan atau Jalur Interpretasi yang belum Terealisasikan atau tertunda.

"seperti di desa Tanjung belit, Desa Muarabio, Desa Batu Sagan, Desa Tanjung Beringin, Desa Gajah Bertalut, Desa Tersan, Desa Subayang Jaya, Aur Kuning dan Desa Pangkalan Serai," sebut bupati.

bahwa Permasalahan di desa tersebut semua sama tentang Akses Jalan atau Jembatan (Infrastruktur) yang masih belum selesai pengerjaannya dikarenakan ada Recofusing dan Refokusing Anggaran sehingga masyarakat sulit untuk mendapatkan Pelayanan Kesehatan dan Pendidikan SMA. 

“Selain masalah infrastruktur ada permasalahan yang lain seperti ada beberapa desa di Kecamatan Kampar Kiri Hulu ini yang Tidak ada Signal, sebab di era digital saat ini selain dibutuhkan masyarakat, dunia pendidikanpun juga banyak memerlukan akses jaringan dengan online,"ungkap Kamsol. 

Dr. H. Kamsol menuturkan, Jika infrastruktur belum ada bagaimana kita untuk membawa komoditi masyarakat keluar, begitu juga dengan arus barang dan manusia untuk dapat berhubungan dengan masyarakat luar.

"ini otomatis akan memberikan peningkatan ekonomi masyarakat secara langsung, begitu juga permasalahan terhadap Pendidikan, Komunikasi maupun kesehatan yang harus kita Carikan jalan keluar," ujar Kamsol

"tentunya berkaitan dengan Permasalahan yang ada di Kecamatan Kampar Kiri Hulu seperti Aliran Sungai Subayang dan Jalur Interpretasi," Ungkap Kamsol

Untuk mengatasi Hal tersebut Insyaallah langsung kita mengundang pihak Telkomsel agar masalah signal di desa tersebut dapat di atasi seperti apa yang masyarakat harapkan.

bahwa dari aspirasi dan harapan camat serta kepala desa di kec. kampar Kiri ini saya menjelaskan bahwa hal ini memerlukan kerja keras kita semua demi memakmurkan masyarakat khususnya desa-desa yang ada di Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Semoga tidak ada recofusing anggaran lagi, sehingga bisa diselesaikan.

"sisanya akan dilanjutan dengan perencanaannya, semoga ini terwujud dan berjalan dengan lancar sehingga masyarakat bisa merasakan manfaatnya,”tutup kamsol. (**)

Iklan