KAMPAR - Batalyon Infanteri (Yonif) 132/Bima Sakti terima kunjungan Kapuskesad Mayjen TNI dr. Purwo Setyanto, Sp.B.,M.A.R.S beserta rombongan Tim Uji Vaksin Malaria IDSPZV1 di Mako Yonif 132/BS Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar, Selasa 14 Juni 2022.

Kunjungan Kapuskesad kali ini dalam rangka kegiatan uji klinis vaksin sanaria PFSPZ VACCINE dan PFSPZ-CVAC untuk mencegah malaria di Indonesia Timur pada orang Indonesia Dewasa sehat.

Dalam sambutannya Kapuskesad mengatakan, bahwa Indonesia memegang peringkat Negara kedua tertinggi (setelah India) di Asia Tenggara untuk jumlah kasus malaria tertinggi, berdasarkan laporan World Health Organization (WHO) dalam World Malaria Report 2020.

Kita patut bersyukur dengan adanya penemuan vaksin malaria IDSPZV1 hasil kerja antara TNI Angkatan Darat dengan Pusat Riset Biologi Molekuler Eijkman (PRBME) dan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini.

"semoga nantinya dapat berguna dan bermanfaat bagi para prajurit Yonif 132/BS yang akan melaksanakan tugas operasi di wilayah Papua yang beresiko tinggi terjangkit malaria," Ujar Kapuskesad.

Dalam kunjungannya ke Yonif 132/BS, Kapuskesad juga didampingi oleh Dirlitbang Kolonel Ckm dr. I Made Mardika, Sp,Pd., M.A.R.S., FINASIM, Kasrem 031/WB Kolonel Inf Habzen Sianturi, Kasi Ops Rem 031/WB Letkol Inf Cecep Kurniawan, Kasiter Rem 031/WB Letkol Inf Hipni Maulana Farhan, Dandim 0313/KPR Letkol Arh Mulyadi, Letkol Ckm Wawan Supandi, SKM, M.Kes., Letkol Ckm Daryoko,SKM., Dandenkes Pekanbaru Letkol Ckm Bayu Wulung serta Tim Uji Vaksin Malaria IDSPZV1. (**)