TAPUNG - Kunjungan Dirjen Kemendikbudristek RI Dr. Iwan Syahril di Sekolah Mitra Pintar Penggerak Program Organisasi Penggerak Tanoto Foundation Ke SMP Negeri 3 Tapung,  Senin 4 Juli 2022.

Sebagai mitra pemerintah, Tanoto Foundation berkomitmen mendukung pemerintah dalam 
meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Salah satu wujud nyata dukungan tersebut, Tanoto 
Foundation terlibat dalam Program Organisasi Penggerak yang diluncurkan oleh Kemendikbudristek. 

Sejak tahun 2021, melalui Program PINTAR Penggerak, Tanoto Foundation hadir di Empat kabupaten mitra, 
yakni Kabupaten Kampar (Riau), Kabupaten Muaro Jambi (Jambi), Kabupaten Tegal (Jawa Tengah) dan 
Kabupaten Kutai Barat (Kalimantan Timur) untuk melatih dan mendampingi kepala sekolah, guru dan 
orang tua di 263 sekolah jenjang SD dan SMP. 

Dirgen GTK Kemendikbudristek RI Dr. Iwan Syahril mengatakan, Sesuai mandat Program Organisasi Penggerak, Program PINTAR Penggerak mendemonstrasikan praktik baik dalam pembelajaran, kepemimpinan sekolah dan partisipasi orang tua untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam literasi, numerasi dan sains. 

"Teknologi secara aktif dipergunakan dalam proses pelatihan dan pendampingan kepala sekolah, guru dan orang tua mitra,"ujarnya.

Tanoto Facilitator Gathering (TFG) adalah salah satu rangkaian kegiatan peningkatan kapasitas para 
pendidik unggul yang menjadi fasilitator pelatihan dan pendampingan bagi pendidik lain. 

"Saya apresiasi Pemerintah Kabupaten Kampar, dimana Pj Bupati Kampar sangat luar biasa dalam kerjasama dengan Tanato Foundation," Kata Dirgen GTK Kemendikbudristek RI Dr. Iwan Syahril

Sementara itu Penjabat Bupati Kampar  Dr Kamsol mengatakan, bahwa konsep Sekolah Menuju Merdeka Belajar adalah dengan membangun Ekosistem. Dimana dasar ekosistem pendidikan digital, dibangun melalui kerjasama yang solid antar pemerintah, sekolah, keluarga, dan siswa dalam menciptakan proses pembelajaran di sekolah. 

Dengan cara ini, diharapkan juga nantinya  dapat tercipta digitalisasi ekosistem pendidikan khususnya di Kabupaten Kampar

Selain itu, Kamsol juga menyampaikan ucapan ribuan terimakasih atas kerja sama atas binaan yang dilakukan oleh Tanato Foundation kepada Sekolah yang ada di Kabupaten Kampar. (HAP)