KABUN - Warga Kabun Desa Kabun, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau mengaku lebih suka berobat di pos pengamanan yang dijaga oleh satgas Batalyon 132/BS  Pamtas RI-PNG Yang sedang melaksanakan latihan pratugas dibandingkan ke puskesmas karena aksesnya lebih dekat.

"Kami lebih memilih berobat ke Pos Satgas dan dilayani TNI karena memang lokasinya lebih dekat dengan rumah kami," kata Beni Saputra,seorang Remaja yang ditemui di kecamatan kabun, Kabupaten Rokan Hulu, Kamis, 21 Juli 2022.

Ia mengatakan bahwa untuk bisa berobat di puskesmas Di malam hari pihaknya harus mengendarai atau menumpang kendaraan umum yang melintas di daerah itu.

Namun daerah tersebut minim akan kendaraan umum, sehingga Beni Saputra mengaku lebih nyaman dan cepat mendapatkan pelayanan kesehatan di Pos Satgas Pamtas RI-PNG yang ada di dekat desa mereka.

Kepala Desa Kabun mengatakan, bahwa kehadiran Satgas Pamtas RI-PNG, khususnya untuk Pos Pengamanan Skow (kotis)  sendiri sangat diterima oleh masyarakat di Kelurahan itu.

Hal ini karena selama dirinya menjabat sebagai kepala  di desa Kabun itu perhatian Latihan Pratugas  Satgas Pamtas RI-PNG kepada masyarakat sangat baik sehingga perlu diapresiasi.

"Dalam setiap kegiatan di desa, banyak melibatkan teman-teman kita dari Satgas Pamtas, dan kehadiran mereka justru diterima dengan baik oleh masyarakat," tambahnya.

Dalam bidang pendidikan misalnya personel Satgas Pamtas justru menjadi guru di sekolah menggantikan guru yang tidak masuk untuk mengajar karena ada halangan.

Ia juga mengakui banyak warganya yang lebih memilih berobat di pos pengamanan tersebut karena memang jika dilihat, untuk menjangkau ke lokasi kesehatan, sangatlah jauh. (**)