Iklan

Iklan

,

Iklan

Pemilihan Duta Muslim, Warga Binaan Lapas Bangkinang Diuji Pemahaman Agama dan Kebangsaan

Redaksi
25 Agu 2022, 16:11 WIB Last Updated 2022-08-25T09:11:21Z
BANGKINANG - Lapas Bangkinang mengadakan event pemilihan Duta Muslim yang bertemakan “Let’s Be Smart Muslim”, pada Kamis 25 Agustus 2022.

Tak hanya menyiapkan wargabinaan yang produktif dan mandiri pada Pelatihan Kemandirian, Lapas Kelas IIA Bangkinang Kanwil Kemenkumham Riau turut membentuk karakter wargabinaannya.

Pemilihan Duta Muslim ini juga bertepatan dengan kegiatan dalam rangka menyemarakkan Bulan Muharram 1444 Hijriah. Perlombaan dilaksanakan pada Masjid At-Taubah Lapas Bangkinang.

Tak hanya Pemilihan Duta Muslim, Lapas Bangkinang juga mengadakan Perlombaan Adzan, Tahfidz Qur’an, Cerdas Cermat, dan Shalawat guna menyiapkan keperibadian wargabinaan menjadi lebih agamis dan bermental kompetitif.

Dalam pemilihan Duta Muslim, para peserta yang berjumlah 20 orang diuji kecerdasan spritual, intelektual dan emosionalnya oleh dewan juri. Dari penggabungan kategori tersebut akan dipilih satu wargabinaan menjadi Duta Muslim wargabinaan Lapas Bangkinang.

Para peserta diuji mengenai materi hafalan Al-Qur’an, ceramah dan pemahaman tentang wawasan kebangsaannya. Harapannya Duta Muslim ini mampu memiliki intelektual keagamaan yang baik, serta memiliki sikap cinta dan menghargai bangsa dan negara Republik Indonesia.

“Kita persiapkan wargabinaan yang patuh dan taat pada perintah agama, disisi lain juga bermental patriot dalam berbangsa dan bernegara,” sebut Sutarno, Kalapas Bangkinang.

Saat ditemui, Kalapas juga menyampaikan kegiatan pemilihan duta muslim ini bertujuan untuk menghadirkan sosok yang akan menjadi panutan dari wargabinaan selama menjalani program pembinaan keperibadian.

“Dengan adanya role model sebagai duta muslim, harapannya wargabinaan khususnya yang beragama islam dapat termotivasi dan memiliki panutan untuk belajar menjadi pribadi yang lebih baik lagi,” tuturnya.

“Bukan hanya petugas saja, wargabinaan juga perlu kita bentuk karakternya agar lingkungan Lapas Bangkinang ini menjadi nyaman dan tentram. Dengan itu, akan terjalin hubungan yang baik antara pembina dan yang dibina,” tambahnya.

Kalapas juga menjelaskan bahwa kedepannya tak menutup kemungkinan akan ada pemilihan duta wargabinaan dalam bidang lainnya.

“Kegiatan positif seperti ini akan terus kami laksanakan. Nantinya akan dibuat lagi pemilihan duta dalam bidang yang lain,” tutupnya.(**)

Iklan