Iklan

Iklan

,

Iklan

SKK Migas Pusatkan Gerakan Tanam 1,7 Juta Pohon se-Riau di EMP Bentu Ltd

Redaksi
10 Agu 2022, 15:38 WIB Last Updated 2022-08-10T08:39:02Z
PEKANBARU - Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto, melakukan penanaman pohon dalam sebuah kunjungan kerja di areal EMP Bentu Limited di Pekanbaru, Senin, 8 Agustus 2022. 

Kegiatan tersebut disiarkan secara langsung melalui live streaming yang dilakukan serentak oleh Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang ada di Wilayah Riau. 

Penanaman yang dipusatkan di fasilitas Baru Gas Plant (BGP) EMP Bentu Ltd tersebut juga dilakukan Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas, Rudi Satwiko, Plt Kepala Divisi Prokom SKK Migas, Muhammad Kemal dan Kepala Perwakilan SKK Migas Sumatra bagian Utara, Rikky Rahmat Firdaus serta Manager Senior Komunikasi SKK Migas, Nyimas Fauziah Rikani.

Sementara dari manajemen EMP dilakukan oleh General Manager (GM) EMP Bentu Ltd, Tri Firmanto, Area Manager,  Yoyok S Purwanto, Project and Facilities Manager, Kusnu Budi serta Communication and Government Manager, Chairul Achsan Karim.

Jumlah pohon yang ditanam secara serentak mencapai 7.500 pohon di areal lapangan masing-masing KKKS dengan sebaran sebagai berikut EMP Bentu Ltd menanam 1.000 bibit pohon di seluruah areal perusahaan yang terletak di Kota Pekanbaru, Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Kampar. 

Hal yang sama juga dilakukan di areal PT Imbang Tata Alam (ITA) yang menanam sebanyak 1.500 pohon, Pertamina Hulu Rokan (PHR) sebanyak 1.000 Pohon, Pertamina Field Lirik  dan Field Kampar sebanyak 1.500 Pohon, Pertamina Zona I Field Siak sebanyak 500 pohon, PT SPR Langgak sebanyak 1.000 pohon, PT Texcal Mahato sebanyak 500 pohon dan Badan Operasi Bersama (BOB) sebanyak 500 pohon.

Dalam sambutannya, Dwi Soetjipto mengatakan, bahwa kegiatan penanaman pohon yang dipusatkan di areal operasi EMP Bentu Ltd merupakan salah satu langkah untuk mencapai target penanaman 1,7 juta pohon yang dicanangkan oleh SKK Migas.

"Kami dari SKK Migas mengucapkan terima kasih kepada EMP Bentu Ltd yang telah menjadi tuan rumah untuk penanaman serentak di wilayah operasi hulu migas di wilayah Riau," katanya.

Sejak 2021 SKK Migas memasukkan kegiatan penanaman pohon di daerah aliran sungai (DAS) dan lahan kritis di wilayah-wilayah kerja KKKS menjadi salah satu key performa indicator (KPI) Organisasi. Pada tahun itu tercatat ada 1,2 juta pohon yang ditanam oleh KKKS di wilayah kerja migas dan berpotensi menyerap 11,4 ribu ton karbon dioksida per tahun.

GM EMP Bentu Ltd, Tri Firmanto, mengucapkan terima kasih kepada Kepala SKK Migas dan rombongan yang memilih EMP Bentu Ltd sebagai tuan rumah penanaman pohon secara serentak tersebut. 

Dikatakan bahwa kegiatan penanaman pohon merupakan agenda rutin yang dilakukan di EMP Bentu Ltd baik dilakukan di areal perusahaan maupun bekerja sama dengan pemerintah daerah, lembaga swadaya masyarakat dan stakeholder lainnya.

Sebelum penanaman pohon, Kepala SKK Migas dan rombongan diajak plant tour mengelilingi areal produksi di mana EMP Bentu Ltd pada akhir Juni lalu berhasil melakukan firs gas in untuk menambah pasokan gas ke PT PLN (Persero) dari 30 juta kaki kubik menjadi 40 juta kaki kubik per hari.(**)

Iklan