JAKARTA - Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan menandatangani prasasti peresmian  Madjid At Tabayyun, di Perumahan Taman Villa Meruya, Jakarta Barat 9 Oktober 2022.

" Alhamdulillah, saya ikut bersyukur. Akhirnya warga muslim Taman Villa Meruya bisa mewujudkan keinginan yang sudah lama mereka idamkan, yaitu memiliki masjid sendiri," kata Gubernur Anies. 

Warga muslim Taman Villa Meruya memang sudah cukup lama ingin memiliki masjid sendiri.

"Setelah berikhtiar sejak 2018 dan menunggu sekitar 30 tahun,  Alhamdulillah, hari ini kami sudah memiliki masjid sendiri, " ujar H. Marah Sakti Siregar, ketua Panitia Pembangunan Masjid At Tabayyun. 

Mewakili warga muslim Taman Villa Meruya dia mengapresiasi dan berterima kasih kepada Gubernur DKI.

" Tanpa perhatian dan dukungan Pak Gubernur, masjid ini tidak akan bisa berdiri. Terima kasih Pak Anies, " tambah wartawan senior itu.

Dia bersama rekannya H. Ilham Bintang, juga wartawan senior,  bahu membahu bersama warga muslim yang minoritas di Taman Villa Meruya,  untuk mendapatkan izin mendirikan masjid di perumahan mereka. Perjuangan yang penuh lika-liku itu-- antara lain, karena sempat digugat ke PTUN oleh sebagian warga lainya akhirnya berbuah manis. 

Sekarang, warga muslim Taman Villa Meruya dengan dukungan dana swadaya warga dan masyarakat--telah berhasil membangun masjid yang megah. Berdiri di atas tanah seluas 3500 M2, Masjid At Tabayyun, dibangun dengan menerapkan konsep green building. 

Konstruksi bangunan kokoh dan desain arsitekturnya bergaya minimalis kekinian.
 " Masjid ini terdiri atas dua lantai. Lantai pertama untuk jamaah lelaki dan berkapasitas sekitar 600 orang dan lantai dua untuk jamaah perempuan dengan kapasitas 200 orang.
"Masjid yang indah. Arsitektur bagus sekali," puji Gubernur Anies. 

Sekitar 500  jemaah hadir pada acara peresmian soft opening itu. Diawali pembacaan Kalam Ilahi oleh  Ustaz Arwani Marhun yang kemudian lanjut  menjadi imam   Salat Maghrib berjamaah.  

Selain Marah Sakti, tampil juga menyampaikan  sambutan Ilham Bintang selaku Ketua Dewan Pengarah, dan Sekjen MUI DR H. Amirsyah Tambunan. Dalam  sambutannya Ilham Bintang memuji solusi Gubernur Anies Baswedan yang mengizinkan fasos Pemprov untuk menjadi lahan pembangunan masjid At Tabayyun. Lahan itu luasnya 3,5 kali lebih besar dari lahan semula. 

Solusi itu mengakhiri permasalahan pembangunan masjid di komplek TVM. Semua pihak bahagia. Padahal, awalnya, solusi itu sempat ditentang sebagian pengurus masjid. Dua minggu waktu dibutuhkan Anies hingga idenya berhasil diterima. Ilham menyinggung kesulitan mendapatkan waktu Anies untuk meresmikan masjid di saat injury time. Sisa masa jabatannya tinggal  sepekan. Namun, Gubernur Anies akhirnya datang meresmikan, sesuai janji sebelum masa jabatannya habis 16 Oktober yad.

" Tidak  jadi Gubernur DKI pun, Anies yang paling berhak   meresmikan, karena dialah sesungguhnya penemu Masjid At Tabayyun, penemu solusinya. Penemu obat yang membuat semua orang happy," kenang Ilham. 

Para pengurus Masjid At Tabayyun yang hadir dalam kesempatan itu, antaranya Irjenpol ( pur) DR Burhanuddin Andi, Erlangga, Andre Suyatman, Ending Ridwan, Apang Taufiq, Husni Tamsil, dan Refly. Sedangkan tamu-tamu antara lain, musisi Dwiki Dharmawan, Jobi Triananda, Wahyu Muryadi, Asro Kamal Rokan, Timbo Siahaan, AS Kobalen, Leroy Oesmani, Faidal Yuri, Jamal Albilad, Fachry Mohammad, Rahma Sarita, Dian Islamiyati, Taufiq. Ikut juga menyemarakkan acara  pelbagai pimpinan ormas Islam, warga TVM dan sekitarnya,  serta Walikota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko, dan Asisten Kesra Pemprov DKI Uus Kuswanto. 

Anies Baswedan sangat   senang dan bersimpati pada perjuangan warga muslim Taman Villa Meruya dalam mendirikan masjid. Makanya, ketika akan meresmikan masjid itu, dia sempat mengirimkan pesan puitis   di prasasti  yang kemudian ditanda tanganinya. Prasasti itu mengimpresikan historis dan harapan sekaligus. Sebuah pesan untuk memberi semangat pada warga muslim di Taman Villa Meruya.

"Masa Penantian warga untuk hadirnya sebuah masjid telah panjang. Tapi sesungguhnya masa kebermanfaatannya akan jauh lebih panjang.
Semoga masjid ini menjadi sumur amat dalam yang mengalirkan pahala jariyah pada semua yang mengikhtiarkannya kemarin dan semua yang memakmurkan esok." 

Marah Sakti Siregar, (Ketua Panitia Pembangunan Masjid At Tabayyun, kontak : 0816-837-821).