Iklan

Iklan

,

Iklan

Universitas Riau Miliki Empat Profesor Baru

Redaksi
13 Okt 2022, 18:39 WIB Last Updated 2022-10-13T11:39:01Z
PEKANBARU - Universitas Riau memiliki empat profesor baru. Dua diantaranya merupakan guru besar di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), satu orang dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) dan satu orang lagi dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (Faperika).

Pengukuhan empat guru besar tersebut dilaksanakan di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Universitas Riau, Rabu (12/10) oleh Rektor Universitas Riau Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA. Turut hadir para Senat Universitas Riau, keluarga dan mitra serta sahabat para guru besar yang dikukuhkan.

Empat guru besar yang resmi memiliki memikul gelar Professor tersebut adalah Prof Dr Drs Moh Danil Hendry Gamal MSc Guru Besar dalam bidang ilmu Optimisasi dan Matematika Terapan Pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Prof Dr Rakhmawati Farma SSi MSi Guru Besar dalam bidang ilmu Fisika Material Pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Prof Dr Drs Seno Andri MSi Guru Besar dalam bidang ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia Pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Prof Dr Nofrizal SPi MSi Guru Besar dalam bidang ilmu Teknologi Penangkapan Ikan Pada Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Rektor Universitas Riau Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA mengungkapkan bahwa dengan hadirnya 4 guru besar tersebut, maka jumlah guru besar yang aktif di Universitas Riau sudah mencapai 86 orang. 

“Semoga dengan dikukuhkannya guru besar yang baru ini semakin memperkuat Universitas Riau dalam meningkatkan dan mengembangkan mutu pendidikan,’’ungkapnya.

Disebutkannya bahwa meningkatnya jumlah guru besar merupakan sebuah peningkatan bagi peran dan fungsi Perguruan Tinggi. Perguruan Tinggi bukan hanya memegang peran dalam keberlangsungan peradaban bangsa. Perguruan tinggi tidak sekedar berfungsi mencetak Sarjana, Master, maupun Doktor, melainkan juga seorang Guru Besar.
Berdasarkan pantauan di lokasi pengukuhan, keempat guru besar mempresentasikan hasil penelitian masing-masing dan menyerahkan buku dari karya ilmiah mereka kepada Rektor.

Suasana pengukuhan penuh khidmat dan haru, karena gelar Professor yang mereka raih melalui proses yang berliku dan penuh rintangan. 

“Puji syukur kepada Allah, dan terimakasih atas dukungan keluarga, sahabat, kerabat, unsur pimpinan Universitas maupun fakultas dan jurusan, serta mitra dan mahasiswa,’’ungkap Prof MDH Gamal, guru besar baru di jurusan Matematika FMIPA Universitas Riau.(**)

Iklan