BANGKINANG - Jelang perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2023, jajaran Lapas Kelas IIA Bangkinang Kanwil Kemenkumham Riau melaksanakan Apel Siaga sebagai kesiap-siagaan menghadapi agenda perayaan 2 (dua) Hari besar tersebut, Jum'at 16 Desember 2022.

Berlangsung pada Lapangan Badminton, Kepala Lapas Bangkinang, Mishbahuddin beserta Pejabat Struktural, Staf dan Regu Pengamanan mengisi penuh susunan barisan guna mengikuti Apel Siaga NATARU (Natal dan Tahun Baru).

Bertindak sebagai pimpinan Apel Siaga, Mishbah menyampaikan bahwa kegiatan apel ini guna melakukan deteksi dini dalam hal Tugas dan Fungsi (TUSI) sebagai Petugas Pemasyarakatan, terlebih akan mengahadapi 2 (dua) perayaan besar.

“Tingkatkan frekuensi penggeledahan rutin dan insidentil terhadap blok, kamar hunian dan lingkungan sekitar Lapas Bangkinang. Kemudian perkuat regu pengamanan dan bantuan pengamanan dari Staf,” tutur Mishbah.

Selain itu, ia juga menambahkan agar melakukan koordinasi kepada instansi penegak hukum lainnya untuk turut serta membantu pelaksanaan pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2023.

“Lakukan koordinasi kepada pihak Kepolisian dan TNI untuk membantu kita dalam melaksanakan pengamanan, sebab dikondisi perayaan seperti inilah tingkat resiko gangguan Kamtib meningkat,” terangnya.

Ia juga mengingatkan untuk turut melakukan koordinasi kepada instansi PLN dan Pemadam Kebaran sebagai antisipasi terjadinya gangguan Kamtib berupa Kebakaran akibat Korsleting Listrik Arus Pendek.

Kepala Lapas juga menghimbau jajarannya untuk meningkatkan kontrol keliling pada area rawan gangguan Kamtib serta mengatur mekanisme layanan kunjungan pada keluarga wargabinaan.

“Tingkatkan pengawasan dan penggeledahan barang bawaan atau tititap dari keluarga wargabinaan secara ketat dan selektif,” ujarnya.

Diakhir, Mishbah mengingatkan agar langkah-langkah kesiap-siagaan terhadap persiapan menghadapi NATARU agar dicermati oleh jajarannya.

“Langkah-langkah deteksi dini ini agar dicermat dan dipedomani serta tidak bosan-bosannya melakukan kontrol keliling, khususnya bagi petugas pengamanan. Begitupula bagi petugas staf yang menerima tugas piket, baik piket hari biasa maupun hari libur agar dapat dilaksanakan dengan baik, konsisten dan penuh dengan komitmen,” tutupnya.