SKOUW - Satgas Pamtas Yonif 132/BS menyelenggarakan lomba menghias pohon natal untuk memeriahkan Hari Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 yang dimulai pada tanggal 20 hingga 31 Desember 2022.

Panitia Lomba dari Pos Komando Utama di Skouw membagi masyarakat perbatasan Papua menjadi 8 tim sebagai peserta untuk bekerjasama dalam menghias pohon natal yang telah ditentukan, bertempat di depan Pos Komando Utama. 

Ada pun kriteria utama yang ditentukan dalam penilaian lomba adalah para peserta menggunakan hiasan yang dibuat dengan tangan sendiri (handmade) untuk menilai kreativitas peserta.

Pada kesempatan kali ini, bertindak sebagai panitia lomba antara lain Wadansatgas Pamtas Yonif 132/BS Mayor Inf Zulfikar Rakita Dewa, S.E., S.Hub.Int., M.I.Pol, M.H., M.M. selaku Ketua Penyelenggara, Pabintal Satgas Kapten Inf Rasman Sagala selaku Koordinator Umum serta Dokter Satgas Letda Ckm Anugrah selaku Koordinator Protokoler dan hadiah.

"Antusiasme masyarakat sangat tinggi dalam mengikuti lomba, banyak hiasan-hiasan yang sangat menarik dibuat oleh masyarakat dengan cara mendaur ulang barang-barang bekas pakai seperti menggunakan botol plastik, kaleng minuman, kertas dan lain-lain yang dikombinasikan dengan cat berwarna. Prajurit Satgas juga kerap kali berpartisipasi dengan membantu para peserta dalam menghias pohon natal tersebut", tutur Wadansatgas.

Setelah hampir 11 hari lomba diselenggarakan, maka tibalah saat hari penentuan pemenang lomba yang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 31 Desember 2022. 

Letkol Inf Ahmad Fauzi selaku Dansatgas Pamtas Yonif 132/BS hadir secara langsung ke Pos Komando Utama di Skouw untuk mengapresiasi semua pohon natal yang telah dihias oleh masyarakat. 

"Satgas Pamtas Yonif 132/BS senantiasa berupaya menciptakan harmonisasi yang positif antara prajurit dengan masyarakat khususnya di momentum-momentum yang esensial seperti natal dan tahun baru ini", ungkap Dansatgas.

Seluruh peserta mendapatkan reward dengan total hadiah sebesar 7,5 juta rupiah dari Satgas Pamtas Yonif 132/BS dan bingkisan dari BRI cabang Koya Barat dan Gudang Garam Jayapura.

Lomba ditutup dengan doa dari perwakilan masyarakat perbatasan Papua serta pesan dan kesan dari Ketua Majelis Gereja Perbatasan GKI Irene Bapak Yakob Batlayeri. 

Beliau mewakili masyarakat mengucapkan banyak rasa terima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif 132/BS yang telah menyelenggarakan lomba menghias pohon natal yang baru pertama kalinya diselenggarakan di perbatasan Skouw.

"Sungguh luar biasa. Harapan kami, dengan diselenggarakannya lomba ini dapat meningkatkan dan mempererat kekeluargaan antara TNI dengan masyarakat di perbatasan", ucapnya.(***)