(Ilustrasi Foto, Sumber: lifepal.co.id)


Peluang usaha ditahun ini punya banyak sekali pilihan, terutama bagi Anda yang hanya memiliki modal kecil. Beberapa orang mulai mempertimbangkan untuk membangun bisnis sebagai penghasilan tambahan. Terlebih lagi, saat di masa pandemi, banyak sekali orang yang di PHK dan tidak memiliki penghasilan, maka jalan satu-satunya adalah dengan memulai bisnis umkm dari rumah. 

Untuk bisa tetap menghasilkan walaupun dirumah saja, maka Anda harus kreatif juga dalam menciptakan usaha. Usaha yang bisa dijalankan tak melulu harus dengan skill yang tinggi, Anda bisa learning by doing. Di Tahun ini, banyak sekali peluang usaha yang bisa Anda pilih demi menambahkan penghasilan. Beberapa rekomendasi peluang usaha 2023 ini mungkin akan mengejutkan Anda bahwa ide tersebut belum pernah terpikirkan sebelumnya bagi Anda namun bisa mendatangkan keuntungan.

Peluang usaha 2023 ini bisa membantu Anda untuk selalu menghasilkan walaupun dirumah. Untuk bisa mendapatkan keuntungan, Anda bisa juga menambah skill atau kemampuan bisnis lebih baik lagi. Dengan skill bisnis, maka Anda pun memiliki peluang untuk berekspansi bisnis. Ada banyak sekali ide bisnis yang menyenangkan untuk dicoba pada tahun ini bagi ibu rumah tangga, mahasiswa maupun karyawan kantoran. Yuk coba!

Peluang Usaha 2023 yang Selalu Laris
Di Tahun 2023, membuka bisnis menjadi pilihan banyak orang karena setelah pandemi, beberapa orang mulai menata ulang perekonomian dan mencoba untuk mendapatkan penghasilan tambahan sebanyak-banyaknya. Bagi Anda yang berencana untuk membuka bisnis, maka mulailah dari sekarang. Dengan pilihan ide usaha ini, Anda bisa menambah uang sembari skill dalam berwirausaha. 

Berikut pilihan peluang usaha tahun ini yang dijamin laris manis.

1. Jasa Desain Grafis
Jika Anda suka menciptakan sebuah desain, maka menjadi desain grafis bisa jadi pilihan peluang usaha yang tepat. Anda bisa memanfaatkan materi untuk bahan promosi sebuah produk, brand ataupun gambar pada website hingga desain baju. Kini, juga banyak freelancer desain grafis yang mengerjakan berbagai kebutuhan konten di media sosial. Ini adalah tahun yang bagus untuk memulai usaha desain grafis.

2. Jasa Edit Video
Jasa edit video juga cukup banyak dibutuhkan di beberapa perusahaan, seperti menjadi editor video, film, iklan, animasi, video profil, dll. Untuk bisa menjalankan bisnis ini, maka Anda membutuhkan peralatan yang memadai.

3. Jual Masker & Hand Sanitizer
Berjualan masker dan hand sanitizer di masa pandemi ini bisa jadi peluang usaha 2023 yang cukup menjanjikan. Anda bisa menyetok berbagai jenis, merek dan ukuran hand sanitizer hingga jenis atau tipe masker. Kini penggunaan masker sudah menjadi hal yang lumrah sehingga pasti banyak orang yang membutuhkannya.

4. Bisnis Cuci Kendaraan Bermotor
Tidak semua orang yang memiliki kendaraan bermotor punya waktu untuk mencuci kendaraannya. Ini bisa jadi peluang Anda dalam membuka bisnis tahun ini. Dengan membuka bisnis cuci kendaraan bermotor di lokasi yang cukup ramai dilewati oleh kendaraan. Lalu, dari sanalah Anda bisa mendapatkan banyak pelanggan. 

5. Sewa Kendaraan Bermotor
Umumnya, orang akan menyewa kendaraan bermotor di tempat wisata, seperti di Bali. Penyewaan kendaraan sangat diminati banyak orang atau wisatawan karena memudahkan mereka dalam mobilisasi. Ini bisa jadi peluang yang tepat bagi Anda yang ingin menyewa kendaraan bermotor saat berpergian jauh. Buka peluang bisnis 2023 ini di beberapa area tertentu seperti tempat wisata, bandara, dan lokasi strategis lainnya.

6. Jual Barang Second
Jika Anda memiliki banyak barang yang tidak dipakai lagi, maka berjualan barang second bisa jadi pilihan. Anda bisa menjual barang second yang masih berfungsi dengan baik sesuai dengan kualitas barang tersebut. Di bisnis ini, Anda perlu jujur tentang kualitas barang tersebut. Beri informasi juga jika ada barang yang sudah pudar dan katakan hal yang sebenarnya pada konsumen.

7. Jasa Menjahit
Bisnis lain yang bisa Anda jalankan adalah menjahit. Tidak hanya menjahit baju, kini Anda bisa memanfaatkan keahlian Anda untuk menjahit jilbab, aksesoris, sulaman, dll. Jasa menjahit ini sudah banyak sekali di internet karena banyak juga yang membutuhkan jasa ini terutama mereka yang memiliki bisnis fashion dan aksesoris.

8. Jasa Terjemahan
Jika Anda mahir berbahasa asing, maka bisnis membuka jasa terjemahan bisa jadi peluang usaha 2023. Jasa terjemahan ini bisa membantu menerjemahkan berbagai dokumen bahasa asing, buku berbahasa asing, dll. 

9. Sewa Perlengkapan Bayi & Mainan
Anda bisa mencoba bisnis penyewaan seperti sewa perlengkapan bayi dan mainan. Bisnis ini banyak diminati karena saat memiliki anak, maka peralatannya hanya dipakai beberapa bulan atau tahun saja, begitu juga dengan mainan anak. Beberapa orang tua lebih memilih untuk menyewa peralatan yang dibutuhkan seperti freezer ASI, tempat tidur bayi (crib), mainan perosotan, dll.

10. Dropship
Dropship adalah salah satu bisnis yang cukup menguntungkan belakangan ini selain menjadi reseller. Dengan menggunakan sistem dropship maka anda tidak perlu berjualan produk dengan menyetok terlalu banyak barang. Anda cukup mencari pelanggan lalu menjual dan mengirimkan produk yang mereka beli. Setelah itu Anda bisa mendapatkan komisi sesuai dengan jumlah dari barang yang berhasil terjual. Dropship juga memungkinkan anda untuk tidak membutuhkan modal yang terlalu banyak karena anda tidak perlu membeli barang tersebut terlebih dahulu.

11. Jualan Pulsa
Salah satu bisnis yang cukup bisa jadi peluang di tahun ini adalah berjualan pulsa karena ini adalah salah satu kebutuhan yang dipakai orang setiap saat. Untuk berjualan pulsa anda bisa membelinya di agen penyedia pulsa yang cukup besar lalu mereka akan menyediakan paket pulsa diskon. anda pun bisa menjualnya dengan harga pasaran.

12. Admin Media Sosial
Akun media sosial adalah salah satu bisnis yang cukup bagus belakangan ini. Bisnis ini dibutuhkan beberapa perusahaan yang menjalankan media sosial sehingga mereka bisa lebih dekat dengan konsumen. Biasanya akun media sosial diharuskan untuk berinteraksi dengan konsumen media sosial perusahaan tersebut.

13. Jasa SEO Online
Event organizer online juga cukup dibutuhkan untuk menyediakan berbagai acara secara daring namun tetap menarik. Jasa event organizer online untuk menyusun acara dan menyediakan berbagai alat yang memadai untuk siaran langsung. Anda bisa menyediakan jasa eo ini untuk pemerintah perusahaan dan orang-orang lain yang memiliki kepentingan untuk mengadakan acara secara online.

14. Jasa Membuat Website
Jika anda memiliki kemampuan untuk membuat sebuah website maka ini bisa jadi peluang bisnis 2023 yang cukup menjanjikan. Keberadaan website kini sangat penting untuk berbagai jenis bisnis yang dijalankan oleh banyak wirausahawan. Anda bisa mendapatkan bayaran yang cukup tinggi mengingat membangun sebuah website bukanlah pekerjaan yang mudah, sehingga bayarannya pun juga disesuaikan dengan pengalaman.

15. Bisnis Jasa Foto
Jika anda memiliki hobi memotret maka tidak ada salahnya untuk memulai bisnis jasa foto. Anda bisa memotret pengantin, bayi yang baru lahir, keluarga besar, calon pengantin, produk makanan, produk kecantikan dan lain-lain sebagai bagian dari layanan jasa foto anda. Peluang usaha untuk menjadi seorang fotografer adalah pilihan yang tepat karena Ini banyak kali pebisnis yang mulai memanfaatkan jasa fotografi untuk mengembangkan bisnisnya.

16. Jual Template Blog
Jika anda memiliki keahlian dalam mendesain template maka menjual template blog bisa menjadi ide bisnis di tahun ini. Selain itu template blog juga bisa anda lakukan jika memiliki keahlian coding lalu design template tersebut bisa anda jual di internet.

17. Reseller
Reseller adalah pilihan bagi Anda yang bingung mau mulai usaha dengan produk sendiri. Bisnis reseller membutuhkan modal untuk menyetok produknya namun Anda bisa mendapatkan harga khusus reseller jika membeli dalam jumlah yang cukup banyak. Dari harga yang lebih murah itu Anda bisa memasang harga yang sudah anda sesuaikan untuk mendapatkan keuntungan.

18. Bunga Segar
Belakangan ini bisnis bunga segar juga menjadi pilihan banyak orang karena banyak sekali orang yang mulai berkirim bunga untuk beberapa acara atau sebagai ucapan selamat kepada seseorang. Anda bisa menjual berbagai jenis bunga yang populer dari lokal hingga impor lalu merangkainya dengan cantik agar bisa dijadikan flower bouquet. 

19. Penulis Blog
Selanjutnya Anda bisa menjadi seorang penulis blog jika memiliki kemampuan untuk menulis sebuah artikel. Banyak beberapa perusahaan yang mencari penulis blog freelance atau part time lalu dibayar sesuai dengan jumlah artikel dan pengalaman menulis mereka. Jangan menjadi seorang penulis blog termasuk fleksibel sehingga Anda bisa mengatur waktu anda sendiri untuk pekerjaan full time dan part time.

20. Kursus Online
Kursus Online kini menjadi populer di tengah era pandemi yang semua serba online. Kursus online bisa jadi peluang usaha baru yang membuat Anda tak hanya bisa berbagai ilmu yang dikuasai tetapi juga mendapatkan keuntungan. Ada banyak jenis kursus online yang bisa Anda jadikan peluang bisnis, seperti kursus online blogging, kursus online desain grafis, kursus online bahasa asing, dll. Jika Anda memiliki keahlian dibidang tertentu, maka kursus online bisa menjadi pilihan dengan modal yang minim. 

21. Jasa Pembuatan Website
Kini, website tidak hanya dibutuhkan oleh mereka yang memiliki usaha besar tetapi juga para umkm. Menjamurnya umkm saat ini adalah peluang yang baik untuk Anda mulai mengembangkan jasa pembuatan website. Jika Anda adalah seorang developer, maka tidak ada salahnya untuk Ada menekuni usaha ini. Modal yang dibutuhkan untuk peluang bisnis ini juga terbilang lebih kecil daripada modal bisnis lainnya. Tawarkan jasa Anda ini ke para pebisnis umkm dan berikan tampilan website yang profesional layaknya bisnis besar.

22. Affiliate Marketing
Affiliate Marketing juga adalah pilihan peluang usaha yang cukup dicoba beberapa orang yang memiliki modal minim. Dengan affiliate marketing, maka Anda bisa mendapatkan uang dengan cara mempromosikan produk pada pihak lain. 

Anda bisa mencoba bisnis ini dengan modal kecil atau tanpa modal. Cara kerja affiliate marketing adalah dengan memberikan kode referral pada pembeli yang ingin memberikan produk yang Anda promosikan. Selanjutnya, Anda akan mendapatkan komisi sesuai perjanjian.

23. Kerajinan Tangan
Jika Anda memiliki kemampuan dalam hal kerajinan tangan, maka ini juga bisa menjadikan peluang bisnis yang menjanjikan. Kreativitas adalah hal yang mahal, untuk itu penting sekali Anda asah kreatifitas untuk menciptakan berbagai hasil kerajinan tangan, seperti tas jinjing, dompet, hiasan rumah, dll.

24. Jasa Penitipan Anak
Jika Anda memiliki tempat atau area yang bisa dijadikan tempat penitipan anak, maka ini juga bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan. Bisnis jasa penitipan anak biasanya populer di kota-kota besar dimana orang tua yang bekerja dari pagi hingga malam hari harus menitipkan anaknya seharian. Untuk bisa laris manis, maka buatlah jasa penitipan anak dengan fasilitas yang baik sehingga anak-anak akan betah dan orang tua pun tenang menitipkan anaknya.

25. Bisnis Waralaba
Bisnis waralaba adalah salah satu jenis usaha yang memberikan kemudahan bagi Anda yang tidak memiliki pengalaman dibidang bisnis atau hanya punya modal pas-pasan. Dengan modal bisnis franchise ini, Anda bisa langsung mulai usaha tanpa memikirkan biaya produksi, hingga strategi promosi. Umumnya, perusahaan besar yang membuka franchise sudah memikirkan semua aspek hulu hingga hilirnya.

26. Bisnis Wisata Tour
Jika Anda menyukai travelling, maka peluang bisnis wisata tour bisa menjadi pilihan. Anda bisa membuka perjalanan wisata yang diawali dengan perjalanan di dalam dan luar kota sebelum membuka perjalanan ke luar negeri. Anda bisa merancang perjalanan dengan membuat itinerary. Lalu, mulai promosikan lewat media sosial, jika lebih baik, Anda bisa membuat website juga yang menginformasikan ada paket perjalanan apa saja.

27. Berjualan Minuman Sehat
Di era pandemi, tak hanya makanan yang populer tetapi juga ada minuman sehat yang bisa Anda jadikan peluang usaha. Ada banyak jenis minuman sehat yang bisa Anda jadikan bisnis seperti minuman tradisional, minuman susu almond, dll. Racik minuman sehat ini dengan resep yang enak sehingga orang akan kembali lagi untuk membelinya. 

28. Bisnis Menjahit Pakaian
Bisnis dengan menjahit pakaian ini ternyata diiringi dengan banyaknya umkm yang menjual baju hingga hijab. Beberapa UMKM memproduksi sendiri baju dan hijab, sehingga mereka membutuhkan jasa penjahit pakaian. Jika Anda memiliki keahlian dibidang menjahit, maka bisa membuka usaha jahit pakaian dan tawarkan jasa Anda ke umkm yang baru merintis. 

29. Jasa Sewa Baju
Jasa sewa baju kini menjadi populer di tengah banyaknya brand ternama yang menawarkan harga cukup tinggi. Dengan jasa sewa baju, maka calon konsumen yang tidak mampu membeli baju dengan harga tinggi bisa sewa baju dengan harga yang terjangkau. Sewa baju branded bisa disewakan per 3 hari, atau per minggu tergantung kesepakatan. 

30. Coffee Shop
Suksesnya bisnis coffee shop dipengaruhi oleh kualitas dan tempat. Umumnya, orang yang datang ke coffee shop mencari suasana yang nyaman atau cozy dengan kualitas kopi yang mantap. Untuk itu, perhatikan lokasi yang strategis dan siapkan sdm yang mumpuni sehingga mampu menciptakan kopi yang mantap. Hal yang perlu diperhatikan saat Anda memiliki coffee shop adalah desain interior hingga keragaman menu yang ada pada kedai kopi yang dimiliki. Perhatikan juga pencahayaan pada interior yang bisa memberikan suasana yang berbeda.

31. Food Truck
Bisnis makanan dengan food truck juga bisa jadi ide usaha yang menarik banyak perhatian masyarakat. Dengan memiliki usaha food truck, maka Anda bisa lebih efisien karena bisa memperluas jangkauan restoran yang sudah ada. Keuntungan lain dari bisnis food truck adalah mendapatkan exposure yang lebih tinggi dibandingkan brand yang ada di beberapa daerah.

Anda juga tidak perlu membayar sewa yang tinggi jika tidak parkir kendaraan dan punya kesempatan untuk bisa mengikuti banyak event. Ada beberapa kendaraan yang cocok dijadikan food truck seperti Toyota Dyna, Daihatsu Gran Max dan Isuzu Traga.

32. Jual Usaha Jus & Salad Buah
Jus dan salad buah bisa jadi peluang usaha di tahun 2023 ini. Jika Anda berencana membuka kedai jus dan salad buah, maka pilihlah lokasi kedai yang strategis. Tidak hanya jus, salad buah bisa jadi ide jualan bertema buah-buahan dimana ini bisa jadi cara jika Anda memiliki stok buah dan cegah mereka membusuk dengan lebih cepat diolah menjadi salad buah. Untuk membuka usaha ini, Anda peru memperhatikan kualitas buahnya, karena kualitas buah bisa memberikan rasa terbaik dari jus dan salad buah tersebut. 

33. Usaha Daycare
Bisnis dengan membuka daycare juga bisa jadi pilihan ide peluang usaha 2023. Bisnis daycare banyak dibutuhkan di kota besar terutama bagi orang tua (suami dan istri) yang sama-sama bekerja. Dari kondisi inilah, bisa jadi peluang yang baik untuk bisnis Anda. Dalam membuka daycare, Anda perlu perhatikan kualitas sdm, fasilitas yang nyaman sehingga anak-anak merasa betah di daycare.

34. Pet Kit
Pet kit juga bisa jadi ide bisnis untuk Anda pecinta hewan peliharaan seperti kucing, anjing atau kelinci. Disaat pandemi, adopsi hewan peliharaan meningkat hingga lebih dari 200%. Walaupun sedang pandemi, peluang bisnis pun tetap ada jadi bagi Anda yang ingin membuka usaha tak perlu khawatir tidak akan laris. Anda hanya perlu pintar dalam melihat peluang di depan Anda. 

35. Konsultan
Peluang usaha 2023 yang bisa Anda pilih adalah menjadi konsultan. Ide usaha ini diperuntukkan bagi mereka yang mempunyai keahlian atau pengetahuan tentang sebuah bidang tertentu, seperti sosial media, bisnis, desain grafis, dll. 

36. Usaha Jual Perhiasan
Untuk membuka usaha perhiasan sebenarnya tidak melulu perhiasan emas, tetapi juga bisa perhiasan perak atau titanium. Kini, banyak sekali anak muda yang suka mengenakan perhiasan untuk sehari-hari atau aktivitas casual. Anda bisa mempromosikan usaha jual perhiasan melalui online seperti media sosial.

37. Toko Listrik
Pernah terpikirkan untuk buka toko listrik sebagai peluang usaha 2023? Toko listrik adalah bisnis yang cukup menjanjikan untuk jangka waktu kedepan, terlebih lagi jika Anda membeli di lingkungan yang sedang dalam proses konstruksi. Agar toko listrik Anda sukses, maka Anda perlu memastikan bahwa supplier siap mengirimkan kualitas produk yang tepat. 

38. 24 Hours Tempat Gym
Jika Anda hobi olahraga, maka Anda bisa membuka tempat gym di kota besar. Di kota besar, kehadiran gym sangat dibutuhkan karena gym sudah seperti gaya hidup. Untuk bisa membuka peluang bisnis 2023 dengan gym, maka Anda membutuhkan modal yang cukup yaitu Rp 300 – Rp 400 juta per bulan. 

39. Houseware (Perlengkapan Rumah Tangga)
Peluang usaha houseware merupakan salah satu bisnis yang tentu membutuhkan modal yang cukup banyak dan strategi dalam memasarkan produknya. Namun, ini adalah peluang yang cukup baik karena kini banyak sekali trend dan micro influencer home living yang membantu merekomendasikan sebuah barang perlengkapan rumah tangga. Untuk bisa memasarkan perlengkapan rumah tangga, maka Anda perlu fokus pada kualitas, trend dan nilai seninya.

40. Analisis Data Remote
Anda bisa menjadi analis data remote yang kini profesinya dicari banyak orang. Seiring dengan beralihnya banyak perusahaan ke sistem dengan basic data, mereka juga membutuhkan analis data professional untuk bisa meningkatkan penjualan dan membuat keputusan yang lebih baik. Untuk bisa menjadi analis data, Anda perlu mempelajari bahasa pemrosesan data seperti SQL dan Python. Anda juga butuh skill komunikasi yang mampu mengubah data menjadi insight bisnis bagi klien Anda.

41. Jasa Penulisan CV
Untuk bisa mendapatkan CV yang menarik dan dilirik, maka Anda membutuhkan CV yang cocok sesuai dengan perusahaan dimana Anda melamar. Anda perlu memastikan bahwa dokumen lamaran tersebut bisa tampak menarik dan memiliki keterampilan dalam bidang penulisan dan promosi. Tidak hanya itu, Anda juga perlu memastikan sistem tracking pelamar (ATS atau Applicant Tracking System), dikarenakan kebanyakan perusahaan memakainya untuk mengindeks resume dan menyaring sesuai dengan posisi yang dibuka. 

42. Jual Aksesoris Handphone
Jika Anda suka dengan gadget seperti handphone, maka Anda bisa mencoba untuk menjual aksesoris handphone. Kini aksesoris handphone banyak sekali yang menarik dan kreatif. Ini adalah peluang yang baik disaat banyaknya tipe smartphone di pasaran, untuk Anda menciptakan kreasi aksesoris handphone yang unik. Aksesoris handphone yang sedang digemari banyak orang seperti casing handphone, pop-socket, lanyard, kabel charger, dll.

43. Jual Sembako Online
Kini, jualan sembako pun bisa dilakukan secara online. Ini bisa jadi ide peluang usaha baru bagi Anda yang memiliki minat menjual sembako. Kini, marketplace, Anda bisa temukan banyak sekali toko online yang menjual sembako. Ide jualan sembako online ini bisa membantu Anda untuk bisa memiliki toko sembako sendiri namun dipasarkan secara online. Tantangan dari menjual sembako secara online adalah Anda harus membedakan beberapa produk yang bisa dikirim via kurir reguler atau kurir instan. Pasalnya ada beberapa bahan makanan yang tidak bisa dikirim secara reguler karena khawatir cepat basi.

44. Buka Jasa Konseling Online
Jasa konseling juga kini banyak dicari kaum milenial atau anak-anak muda yang kini semakin sadar akan mental health. Namun, membuka jasa konseling psikolog ini tentu tak boleh sembarangan, karena Anda perlu izin yang sah untuk membuka klinik jasa konseling, walaupun dibuka secara online. Sebagai konsumen pun, Anda bisa menemukan dengan mudah jasa konseling yang pastinya sah.

45. Pengisi Voice Over
Untuk bisa menjadi pengisi suara atau voice over, maka Anda perlu memiliki suara yang yang unik dan bisa memberikan karakter pada sebuah konten atau tokoh yang diperankan. Kini, menjadi seorang voice over adalah hal yang banyak diminati oleh mereka yang ingin lebih fleksibel dalam bekerja, karena pekerja voice over bisa merekam suaranya di rumah. Namun, Anda perlu menyediakan peralatan voice over yang dibutuhkan untuk bisa merekam suara dengan jernih.

46. Jasa Online Invitation
Jika Anda memiliki keahlian untuk mendesain sebuah undangan, maka Anda bisa membuka jasa online invitation atau undangan online yang kini sedang trend. Online invitation atau undangan yang dibuat secara online diawali dari masa pandemi karena banyaknya orang yang mengadakan acara secara online hingga saat mengundang pun juga membutuhkan undangan online. Acara yang membutuhkan undangan online antara lain acara pernikahan, ulang tahun, dll.

47. Produk Ramah Lingkungan
Produk ramah lingkungan kini semakin trend karena banyaknya orang yang mulai sadar akan bahayanya produk plastik yang kini banyak dipakai. Dengan menjual produk ramah lingkungan, maka Anda juga ikut berkontribusi dalam pemeliharaan lingkungan yang lebih baik lagi. Produk ramah lingkungan bisa seperti spons cuci berbahan oyong yang dikeringkan, hexa wrap yang lebih aman dari bubble wrap, dll.

48. Air Minum Galon Refill
Jika disekitar rumah Anda banyak membutuhkan galon refill, maka ini bisa jadi peluang usaha yang cukup menjanjikan. Dengan melihat target market yang memang membutuhkan. Dengan menjual air galon, maka Anda bisa membuka kios depan rumah atau berkeliling. Saat ada konsumen datang, tawari juga nomor yang bisa dihubungi untuk antar jemput galon refill. Ini adalah peluang bisnis produk dan jasa bersamaan yang bisa Anda coba.

49. Jual Hampers Kue Kering
Kue kering kini tidak hanya untuk acara lebaran atau bulan ramadhan, tetapi juga bisa untuk hadiah orang tersayang. Jika Anda memiliki keahlian untuk membuat kue kering, maka bisa dibuat cantik kemasannya agar lebih menarik untuk konsumen. Usaha hampers ini bisa mendatangkan keuntungan yang cukup banyak sehingga asah kreatifitas untuk membuat kue kering yang enak dan hamper yang cantik.

50. Catering Plant-Based
Usaha katering juga kini semakin digandrungi karena ada banyak pilihan segmen untuk kategori katering, seperti plant-based ini. Catering plant-based ini berkonsep masakan yang berbahan dasar sayur-sayuran. Umumnya target market dari katering ini adalah mereka yang vegetarian atau vegan maupun mereka yang sedang diet rendah kalori. Anda perlu mempelajari konsep plant based menu terlebih dahulu sebelum membuka usaha ini.

51. Jual Beli Barang Bekas (Preloved Stuff)
Barang yang sudah tak terpakai namun masih sangat layak pakai bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan lho! Coba bongkar lemari baju Anda dirumah, cek kembali furniture hingga alat elektronik yang sudah terpakai namun masih berfungsi, apakah bisa dijual kembali? Menjual lagi barang bekas mungkin tidak bernilai fantastis, namun, jumlah yang bisa masuk ke dompet Anda bisa jadi tambahan penghasilan yang menjanjikan. Berawal dari menjual barang bekas pribadi, nantinya Anda bisa menjual barang bekas teman Anda yang mungkin sudah tidak terpakai. Beberapa orang juga membuat media sosial khusus menjual barang preloved hingga titip barang atau titip posting barang preloved, lalu Anda bisa mendapatkan pemasukan dari titip jual tersebut.

52. Menjual Makanan Sehat
Makanan sehat kini makin digandrungi karena banyak sekali orang yang mulai sadar akan pola hidup yang sehat. Untuk Anda yang juga suka menikmati makan sehat dan membuatnya sendiri, maka menjual makanan sehat bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Ada banyak sekali ide resep makanan sehat di internet yang bisa Anda contoh. Pastikan produk yang Anda buat benar-benar sehat sehingga konsumen pun akan merasakan manfaatnya kelak.

54. Buka Kedai Kopi Kekinian
Kini, kedai kopi kekinian hampir ada disetiap sudut kota besar. Jika Anda ingin membuka kedai kopi di kota besar mungkin akan memiliki banyak sekali kompetitor besar, namun coba beralih ke pinggiran kota besar. Anda bisa mulai dengan membuka kedai kopi kekinian kecil namun memiliki kualitas rasa yang tidak kalah dengan kedai kopi besar lainnya. Kedai kopi kekinian mungkin akan membutuhkan berbagai alat pembuat kopi handal, namun hal ini bisa Anda siasati dengan menggunakan alat sederhana namun dengan teknik yang tepat. Pelajari seluk beluk membangun kedai kopi terlebih dahulu sebelum memutuskannya.

55. Jadi Pengajar Online
Pernah terpikirkan bahwa skill yang Anda miliki bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan? Tidak ada salahnya untuk membuka kursus online yang kini marak di media sosial. Namun, pastikan skill yang Anda miliki bisa memberikan manfaat lebih bagi calon murid Anda nantinya. Anda bisa mulai menawarkan jasa membuka kelas online sesuai bidang yang Anda kuasai di media sosial. Coba tawarkan ke teman-teman terdekat terlebih dahulu, dan beri nilai lebih dari kelas online yang Anda buat.

56. Thrift Store
Thrift store kini kian populer di kalangan anak muda. Membuka usaha barang impor (thrift store) menjadi pilihan beberapa anak muda yang menyukai fashion namun memiliki modal yang minim. Barang-barang thrift biasanya merupakan barang impor dari brand ternama yang defect atau tidak sesuai standar namun masih sangat layak dipakai sehingga masih memiliki nilai jual yang lumayan menguntungkan. Ada banyak sekali paket usaha thrift dengan harga terjangkau seperti mulai dari Rp 500.000 Anda bisa mendapat satu karung pakaian thrift. Peluang bisnis ini bisa dicoba untuk Anda muda nih!

57. Bisnis Gift Box
Banyaknya orang yang mulai sering memberikan gift box kepada orang tersayang, membuat peluang bisnis ini cukup menjanjikan. Anda bisa coba mencari inspirasi gift box lucu yang bisa dijual ke konsumen. Gift Box bisa dibuat bervariasi dan disesuaikan dengan kebutuhan, seperti kotak hadiah untuk graduation, wedding, ulang tahun, dll. Jika Anda memiliki kreatifitas yang tinggi, model bisnis ini cocok sekali untuk Anda.

58. Developer Aplikasi
Jika Anda memiliki kemampuan yang baik dibidang IT maka Anda dapat memilih bisnis dalam pengembangan aplikasi. Apalagi saat ini smartphone menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dalam hidup kita. Sehingga penggunaan aplikasi virtual menjadi sebuah trend.

59. Personal Trainer
Jika Anda memiliki pengalaman yang baik dalam olahraga seperti yoga dan gym maka menjadi personal trainer adalah pilihan yang tepat. Saat ini, mulai banyak masyarakat yang menyadari pentingnya menjaga olahraga untuk menjaga kesehatan. Anda dapat membuka kelas offline dan online untuk melatih gym maupun yoga.

60. Jasa Penerjemah
Di era digital ini maka setiap orang dapat berkomunikasi di seluruh belahan dunia. Banyak yang berkomunikasi untuk urusan bisnis dan traveling. Jika Anda memiliki kemampuan bahasa asing, hal ini menjadi peluang yang besar. Anda dapat menerjemahkan dokumen atau website bagi para pengusaha.

61. Catering Diet
Gaya hidup sehat juga populer belakangan ini. Peluang bisnis catering diet juga sangat diminati terlebih lagi, catering diet bisa jadi solusi bagi masalah berat badan yang banyak dialami orang. Jika Anda juga suka dengan makanan diet, maka ini bisa jadi bisnis baru di tahun ini. Makanan yang bisa Anda buat sendiri dengan pengemasan yang tepat bisa jadi pilihan orang yang tidak sempat membuat makanan sehat sendiri dirumah.

62. Reseller Pakaian Online
Jika Anda memiliki ketertarikan terhadap bidang fashion dan penjualan maka menjadi reseller pakaian dapat menjadi peluang Anda. Cara Anda membuka toko online melalui instagram dan website yang menarik sehingga banyak dikunjungi oleh konsumen. Selanjutnya, jika ada pemesanan Anda dapat membeli dari distributor untuk menjualnya dengan harga yang tinggi.

63. Digital Marketing
Semakin banyak nya pertumbuhan bisnis secara online maka akan membuka peluang bagi Anda yang menguasai digital marketing. Anda dapat menawarkan jasa kepada para UMKM untuk meningkatkan penjual mereka secara online. Dapat juga memberikan pelatihan dan membangun website, serta media sosial UMKM tersebut.

64. Freelance Copywriter
Anda ingin memiliki penghasilan yang tinggi dari menulis? Jika iya, maka freelance copywriter dapat menjadi sumber cuan Anda. Di era digital akan banyak promosi melalui media sosial oleh brand brand besar. Anda dapat menawarkan jasa Anda untuk membuat tulisan yang dapat menarik pembeli.

65. Bisnis Laundry
Bisnis laundry bisa jadi pilihan memulai usaha kecil-kecilan di tahun ini. Kesibukan orang-orang yang tinggal di kota besar bisa memberikan peluang bisnis untuk Anda membuat jasa laundry. Jika Anda memiliki modal yang cukup untuk membeli mesin cuci dan tempat untuk usaha laundry, maka ini bisa jadi bisnis yang cukup menjanjikan. Usaha laundry pun semakin berkembang karena banyaknya orang yang mempercayakan urusan pakaian mereka ke jasa cuci baju ini.

66. Bisnis Microgreen
Microgreen merupakan sayuran yang dipanen lebih cepat dari panen pada umumnya. Tujuannya agar nutrisi dalam sayur yang dipanen lebih tinggi. Saat ini banyak masyarakat dengan gaya hidup sehat yang memilih untuk mengkonsumsi microgreen. Anda juga tidak perlu waktu lama untuk memanen tanaman satu ini.

67. Freelance Desain Grafis
Jika Anda memiliki kemampuan desain grafis maka bisnis satu ini akan cocok untuk Anda. Saat ini di era digital akan semakin banyak brand-brand yang membutuhkan jasa desain grafis untuk mengiklankan produknya. Makanya jangan sampai lewatkan kesempatan ini.

68. Agen Properti
Menjadi agen properti tentunya menjadi potensi yang besar dewasa ini. Apalagi, saat ini dengan adanya pertumbuhan penduduk maka jumlah kebutuhan rumah akan meningkat. Anda dapat membantu klien untuk mendapatkan rumah impian mereka.

69. Dropshipping
Jika Anda ingin membuka toko tapi tidak memiliki modal yang cukup maka dropshipping dapat menjadi solusi bagi Anda. Dengan membuka layanan toko secara online, Anda dapat menawarkan produk ke konsumen. Selanjutnya, Ketika ada pembeli maka Anda dapat meminta produsen yang bekerjasama dengan Anda untuk memaketkan dan mengirimkan ke pembeli.

70. Hidroponik 
Budidaya sayuran tentunya dipikiran kita perlu kotor-kotoran dan ribet. Namun dengan hidroponik proses budidaya akan menjadi lebih bersih dan menyenangkan. Hidroponik merupakan budidaya tanaman tanpa menggunakan tanah. Sayuran yang akan dibudidayakan juga lebih bersih dan bernutrisi dibandingkan dengan sayuran yang dibudidayakan secara konvensional.

Tips Sebelum Memulai Bisnis Anti Gagal
Berbicara tentang pilihan peluang usaha, ada berbagai hal yang perlu Anda pertimbangkan yang berhubungan dengan pilihan usaha kecil dan menengah Anda. Dalam mengawali bisnis, tentu Anda perlu memiliki keinginan yang kuat serta niat serius, karena jika Anda tidak serius maka Anda pun tidak akan mampu bertahan dengan tantangan yang ada. Dalam bisnis, Anda pasti menemukan banyak tantangan yang justru akan menambah kemampuan Anda dalam berbisnis.

1. Pilih Usaha yang Sesuai Passion
Demi menjalankan bisnis yang menyenangkan sekaligus mendapatkan untung, mak sebaiknya pilih bisnis yang Anda sukai. Coba mulai pikirkan hobi yang bisa mendatangkan keuntungan, seperti jika Anda hobi memasak, hobi membuat rangkaian bunga, hobi menanam, hobi ikan hias, dll. 

Lewat hobi inilah, Anda bisa mengembangkan usaha Anda walaupun modal yang pas-pasan. Dengan rasa ketertarikan dengan apa yang Anda lakukan, maka saat bertemu tantangan atau hambatan berbisnis, Anda pun akan tetap semangat dan tidak mudah menyerah. Untuk itu, sebelum memilih peluang usaha, maka fikirkan apa passion Anda

2. Lakukan Riset
Sebelum Anda membuka bisnis, maka coba lakukan riset terlebih dahulu. Riset ini membantu Anda melihat bagaimana proses yang perlu Anda lakukan. Anda juga bisa melihat apa dan bagaimana minat pasar terhadap usaha yang ingin Anda rintis. 

3. Kenali Tantangan & Masalahnya
Saat Anda menjalankan bisnis, maka Anda akan menemukan berbagai tantangan kedepannya. Hal ini harus Anda prediksi sebelumnya sehingga saat bertemu masalah tersebut, Anda sudah bisa menemukan solusinya. Dengan solusi yang sudah dirancang sebelumnya, bisa lebih mudah untuk mengatasi masalah tersebut. 

4. Pandai Mengolah Modal
Kemampuan mengelola modal harus Anda miliki untuk bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Dengan modal yang banyak tapi tidak diiringi dengan kemampuan mengatur modal, maka Anda pun tidak akan mampu bertahan dengan modal tersebut. 

5. Mampu Mengelola Waktu dengan Baik
Kemampuan mengelola waktu juga perlu diasah untuk anak muda yang mulai berbisnis. Terlebih lagi, jika Anda memiliki kegiatan lain seperti kuliah atau bekerja, maka Anda harus mengelola waktu dengan sebaik mungkin. Pastikan semua aktivitas bisa dilakukan dengan baik.

6. Berpikir Kreatif
Untuk bisa bersaing dengan kompetitor, maka kita harus berfikir kreatif dengan berbagai inovasi terbaru. Bisnis yang inovatif mengikuti permintaan pangsa pasar juga menjadi salah satu faktor usaha yang sukses. Untuk itu, asah kemampuan berpikir kreatif agar terus bisa menjadi pilihan banyak konsumen.

7. Fokus dengan Tujuan
Fokus adalah salah satu hal yang ternyata sulit dilakukan oleh anak muda. Ada banyak hal dikerjakan mungkin bisa membuat Anda sulit fokus, namun hal ini harus terus disiasati agar bisnis bisa terus berjalan sesuai misi Anda. Tetapkan tujuan dan fokus dengan apa yang Anda lakukan, tak perlu risau dengan kompetitor hingga membuat Anda tidak lagi semangat dan mudah menyerah.

8. Jangan Lelah Belajar Hal Baru
Belajar hal baru terutama bagi pemula adalah bagian dari proses membangun sebuah bisnis. Peluang bisnis bisa jadi pintu utama untuk memasuki usaha Anda, namun belajar mengenal lebih dalam seluk beluk bisnis yang dijalankan harus menjadi hal yang selalu dilakukan. Dengan mengetahui hal baru, maka Anda bisa terlatih untuk menghadapi tantangan yang ada.

9. Perluas Jaringan
Jika Anda memiliki networking atau jaringan yang bagus dan luas seperti teman-teman yang solid dengan berbagai latar belakang, maka bisa jadi hal baik untuk pengembangan bisnis. Perluas jaringan juga bisa dimulai dari sekarang seperti lebih aktif di komunitas, media sosial dan dunia real Anda bersama teman-teman.

10. Kustomisasi Produk
Jika Anda orang yang kreatif dan ingin memiliki bisnis yang artistik maka jasa kustomisasi produk dapat menjadi pilihan Anda. Disini Anda dapat mendesain casing hp, mug dan lainnya sesuai dengan keinginan dari klien Anda.


(Sumber: lancar.id)