Foto: Bus Besutan Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia (DAMRI) di depan kantor camat koto Kampar hulu 

KAMPARDalam rangka mendukung pengembangan pariwisata, bus besutan Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia (DAMRI) melalui Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar kembali membuka akses mobilisasi untuk para wisatawan. Dengan memperluas trayeknya yakni Bangkinang - Tanjung Koto Kampar Hulu

Rute yang akan menghubungkan Bangkinang dan Tanjung di Kecamatan Koto Kampar Hulu Kampar, yang mana disana terdapat tempat-tempat wisata alam yang indah serta sudah dikenal nusantara yakni Sungai Kopu dengan Arung Jeramnya.

Selain itu, tujuan Pemkab Kampar membuka akses Bus Damri ini Bangkinang-Koto Kampar Hulu juga untuk menunjang gerak laju ekonomi melalui menggeliatkan Industri pariwisata. Karena Kecamatan Koto Kampar Hulu dinilai sebagai salah satu daerah tujuan kunjungan para wisatawan.

Dengan di launchingnya Damri trayek Bangkinang-Koto Kampar Hulu mendapatkan respon positif dari sala seorang toko muda Koto Kampar Hulu Hafni Pal yang pernah menjadi Ketua Pemuda di sala satu desa yang ada di Koto Kampar Hulu.

Anggota Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) ini juga menilai hadirnya Damri trayek Bangkinang-Koto Kampar Hulu sangat baik bagi perkembangan wisata yang ada ,ia melihat potensi luar biasa dari wisata arung jeram sungai kopu yang merupakan  arung jeram pertama di Riau. dengan menyuguhkan pemandangan alam sayang begitu asri dan di kelilingi bukit yang indah.

"Kita mengapresiasi langakah Pemkab Kampar dalam memperluas trayek damri ini,namun kita juga mengingatkan adanya regulasi yang mengatur sehingga hadirnya damri trayek Bangkinang-Koto Kampar Hulu tidak memberi dampak terhadap kawan-kawan yang berpropesi sebagai armada angkutan umum seperti Superben yang sudah sejak lama menjadi angkutan masyarakat hususnya koto Kampar hulu menuju Bangkinang dan Pekanbaru,"ungkap Hafni Pal, Kamis 26 Januari 2023.

Seperti diketahui Damri trayek Bangkinang- Koto Kampar Hulu secara resmi sudah mulai beroperasi sejak Kamis 27-3-2023 yang akan menjadi angkutan wisata yang ingin menikmati indahnya sungai kopu dan menantangnya arum jeramnya. Sementara itu Damri trayek Bangkinang-Koto Kampar Hulu hanya melayani satu kali perjalanan dalam satu hari,berangkat dari Tanjung ke Bangkinang pukul 07 wib dan dari  Bangkinang-Tanjung pukul 15.00 wib. (**)