BANGKINANG - Pj Bupati Kampar Dr. H .Kamsol menghadiri acara memperingati Isra’  Mi’raj Nabi Muhammad SAW tahun 1444 H / 2023 M di Masjid Al-Hijrah Dusun III Desa Kualu, Kecamatan Tambang, Senin (20/2/2023) malam.

Hadir Kepala Dinas Sosial Muhammad, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang Afdal.ST.MT, Kepala Dinas Kesehatan dr. Zulhendra Das’at.M.H.Kes, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Olah Raga H.Aidil, Sekretaris Perhubungan Kholis Febriyasmi.S.Stp, Kepala Kesatuan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Agustar, Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Ir.Zulia Dharma, Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian Yuricho Erfil.S.Stp, Kepala Bagian Kesra Yurnalis, Camat Tambang Drs. Jamilus.

Pj Bupati Kampar menyampaikan untuk mengenang perjalanan suci Rasulullah, menjadikannya sebagai bahan pembelajaran yang membuat manusia menjadi lebih baik.

Kamsol menambahkan Isra Mi’raj merupakan hari untuk memperingati perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW ke surga yang hanya ditempuh dalam waktu semalam. Perjalanan ini dilakukan setelah Nabi Muhammad SAW melakukan meditasi di sebuah gua di dekat tanah Mekkah dan kemudian bertemu dengan Malaikat Jibril.

Ia juga menjelaskan  didalam gua Hiraq, Nabi Muhammad, SAW mematuhi perintah Allah, SWT untuk menjalankan ajaran Islam dan mengajarkan tentang Keesaan Tuhan. Menurut kitab suci Al-Qur’an, Nabi Muhammad, SAW berangkat dari Mesjid Agung di Mekah menuju Mesjid Al Asqa di Jerusalem.

Kamsol disisi lain juga mengajak masyarakat Desa Kualu untuk menjadikan peringatan Isra Mi'raj ini untuk meneladani akhlak mulia Nabi Muhammad SAW dan meningkatkan keimanan serta rasa ukhuwah islamiyah sesama muslim. Memperbaiki diri menjadi manusia yang lebih dekat dengan Allah SWT.

Ia juga menjelaskan kedepan Kabupaten Kampar merupakan salah satu Kabupaten yang maju dibidang ekonomi dan ketahanan pangan serta diperhitungkan dan contoh bagi kabupaten/kota yang ada di Provinsi Riau.




“Saya berpesan kepada perangkat Pemerintah Desa dan masyarakat agar sama-sama membantu masyarakat yang membutuhkan kita, kita bangun silahturrahmi bersama kita apabila tidak mampu di perangkat Desa langsung lapor ke Kabupaten agar masyarakat kita bisa kita bantu,” ucapnya.

Melalui Kesempatan itu juga, Kamsol juga  mengajak seluruh elemen masyarakat, agar bersama-sama membangun negeri ini dengan semangat, keikhlasan dan penuh tanggung jawab harapan para pejuang dan pendiri Kabupaten Kampar terdahulu agar Kabupaten Kampar dapat sejajar dengan Kabupaten-Kabupaten maju di Indonesia.

Dalam kesempatan itu Pj.Bupati Kampar juga menyerahkan 10 paket sembako, santunan anak yatim piatu untuk 6 orang, fakir miskin dan janda 14 orang dan mendengarkan tausiah oleh ustad Edi masril S.Ag dengan membahas tentang Isra’  Mi’raj Nabi Muhammad SAW.(ADV)