Foto: Kepala Dinas Pariwisata  (Kadispar) Provinsi Riau  Roni Rahmat

PEKANBARU - Kepala Dinas Pariwisata  (Kadispar) Provinsi Riau  Roni Rahmat menyebut, Semua pariwisata Di Riau sekarang sudah berkembang, karena mereka sudah sadar bahwa Pariwisata ini bisa menjadi alternatif peningkatan perekonomian bagi masyarakat.

"inti pertama adalah bagaimana kreativitas masyarakat itu, mindset masyarakat itu yang paling utama untuk bisa dalam pengembangan pariwisata," kata Roni Rahmat kepada suaramuda seusai membuka Bimtek di Labersa grand hotel, Jumat 17 Februari 2023.

Setelah itu baru kita memanfaatkan potensi-potensi lokal. bisa di desa itu ada potensi alamnya bisa ada potensi kreativitasnya maupun potensi budayanya itu yang diangkat menjadi daya tarik sehingga orang bisa berkunjung ke desa kita.

"itu yang kita beri pemahaman terus kepada masyarakat bahwa potensi-potensi lokal yang ada dalam kehidupan kita sehari-hari sebenarnya itu adalah hal yang paling menarik untuk diangkat menjadi daya tarik," ujarnya.

Roni juga mengatakan, Untuk kendala yang  paling utama adalah pemahaman masyarakat dulu tentang pariwisata, jadi pariwisata itu bukan hanya tentang mandi air terjun
Bukan mandi sungai tapi memanfaatkan potensi lokal. Jadi kreatifitas yang paling utama ditemukan.

Selain itu Kendala SDM, yang kedua bagaimana supaya dikenal oleh orang luar, itulah digunakan media sosial, sekarang sudah banyak orang menggunakan tiktok, Bisa liat. tapi  Kadang orang bilang kami tak pernah tau wisata ini, tak pernah di ekpose. Bukan tak pernah di ekpose. orang itu aja yang tak pernah main medsos. Kalo emang niat mencari pariwisata pasti ada di media sosial apalagi Kampar media sosial kencang. (HAP)