Foto: Pj Bupati Kampar Panen Cabe Merah Kriting di Lahan 5 Hektar Dengan Total 50 Ribu Batang 


BANGKINANG - Pj Bupati Kampar, Dr. H. Kamsol melakukan panen perdana demplot digital farming komoditas cabe merah keriting kelompok tani jaring mas sejahtera, Senin (27/2/2023) di Pematang Kulim, Desa Birandang.

Ikut panen cabe merah ini Staf ahli Gubernur Riau, Yurnalis Basri, S.Sos, M.Si, kepala perwakilan BI M Nur, Direktur Utama

Bank Riau Kepri Syariah Andy Bukhori, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Riau Syah Pahlevi.

Dalam kata sambutannya, Kamsol berharap para petani cabe di lokasi lain yang ada di Kabupaten Kampar dapat mengadopsi digital farming ini, karena menurutnya sangat efektif, tidak membutuhkan karyawan yang banyak, hanya melalui handphone dapat mengatur dan melakukan penyiraman, pemupukan dan mengontrol ph tanah.

"Tentunya digital farming ini sangat efektif untuk pengembangan cabe merah keriting di Kabupaten Kampar. Diharapkan dengan perkembangan nantinya kita sudah dapat menutupi kebutuhan cabe kita sendiri dan juga diharapkan dapat menekan inflasi," ujarnya.

Kamsol juga mengucapkan terima kasih kepada Bank Indonesia, Bank Riau Kepri Syariah dan Pemerintah Provinsi karena telah mensuport masyarakat dalam melakukan pengembangan cabe ini.




Sementara itu ketua kelompok tani Jaring Mas Sejahtera Indra Noval mengatakan bahwa kelompok tani ini secara konsisten dan terus menerus telah melakukan budidaya pertanian 5 tahun terakhir. Ini. Dan cabe merah keriting yang dikembangkan saat ini berjumlah 5 hektar dengan total jumlah 50 ribu batang.

Pada kesempatan ini, Pj Bupati Kampar, Kamsol juga menyerahkan bantuan untuk pengembangan cabe merah keriting dari Bank Indonesia dan Bank Riau Kepri Syariah.(Advetorial)