Foto: Amin hidayat (kiri) Ketua Bawaslu Syawir Abdullah (tengah) Witra Yeni (kanan).

BANGKINANG - Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu) Kabupaten kampar mengadakan konferensi pers terkait Pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih pada pemilu tahun 2024.

Konferensi pers langsung Dibuka Ketua Bawaslu kampar Syawir Abdullah di Aula Bawaslu Kampar, Rabu 15 Maret 2023.

"Dalam kegiatan ini kami menghimbau Kepada seluruh masyarakat kabupaten Kampar, baik diperbatasan maupun didalam wilayah kabupaten Kampar Untuk segera melaporkan ketika masyarakat yang sudah cakap atau sudah memenuhi syarat sebagai pemilih untuk mendaftarkan dirinya. seandainya didalam dpt online tidak ditemukan namanya segera laporkan," ungkap Syawir.

Karna pesan kami lanjut Syawir, "Bahwa demokrasi ini sangat penting untuk melahirkan pemimpin. tanpa kita sadari, harga cabe itu yang biasa dibeli masyarakat itu ditentukan oleh politik," ujarnya.

"Harga ditentukan oleh politik, Maka pentingnya kita ikut andil dalam dunia politik dan demokrasi itu dan salah satunya adalah pemilihan umum," Tegasnya.

Dikatakan Syawir, Ketika masyarakat kecil yang menganggap bahwa tidak ada pengaruhnya itu salah

"Bahkan apa yang masyarakat lakukan didapur maupun apa yang dibeli yang dipakai itu adalah produk politik, harga itu produk politik," sebutnya.

Sementara itu Divisi pencegahan, partisipasi masyarakat, dan hubungan masyarakat Witra Yeni mengatakan, Selama masa pencocokan dan penelitian (Coklit) sejak 12 februari hingga 14 maret Bawaslu kabupaten kampar hingga jajaran ke bawah telah melakukan pengawasan. Baik waskat (pengawasan melekat) maupun uji petik.

Diingatkannya, Bagi masyarakat kampar yang telah mempunyai hak pilih silakan cek datanya di cekdptonline.kpu.go.id

"bagi yang belum terdata di online dan belum ada didatangi petugas coklit silakan melapor ke bawaslu kabupaten kampar atau panwascam maupun PKD terdekat," kata Witra Yeni. (HAP)