Foto : Petugas PDAM Tirta Cahya Agung masih memperbaiki pipa transmisi air baku di Sungai Song  Kecamatan Pagerwojo.

TULUNGAGUNG - Tingginya curah hujan mengakibatkan pipa transmisi utama air baku PDAM Tirta Cahya Agung Kabupaten Tulungagung putus terkena longsor di wilayah Sungai Song Kecamatan Pagerwojo, Kamis (23/3/2023).

Akibat bencana tersebut pipa transmisi diameter 400 milik Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PERUMDAM) Tirta Cahya Agung hingga berita ini diturunkan masih dalam perbaikan.

Putusnya pipa transmisi utama ini mengakibatkan pendistribusian air bersih di sejumlah pelanggan PDAM terganggu.

Adapun daerah pelanggan yang terdampak air kecil atau mati yaitu cabang Kauman, Karangrejo, Gondang, Boyolangu, Sumbergempol, Tulungagung kota, dan sebagian Pagerwojo. 

Direktur Perumdam Tirta Cahya Agung Kabupaten Tulungagung Joko Purnomo menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh pelanggan air bersih PDAM atas ketidaknyamanan akibat air mati disebabkan putusnya pipa transmisi di daerah Kali Song Pagerwojo.

"Sementara ini, belum dapat di prediksi dikarenakan lokasi yang sulit dan masih rawan longsor susulan,"kata Joko Purnomo.

"bagi pelanggan di wilayah Tulungagung timur akan dibantu melalui air baku yang ada di Desa Plosokandnag, sedangkan di daerah lain menggunakan truk tangki untuk suplai air bersih ke pelanggan,"bebernya. (Indh).