Foto: Keadaan Elavasi Air PLTA Koto Panjang.

KUOK - Cuaca hujan dengan intensitas yang cukup tinggi memberikan peningkatan volume air waduk PLTA Koto panjang di Desa Merangin Kecamatan Kuok, hingga siang ini elevasi atau ketinggian air berada pada posisi 81 Meter Dari Permukaan Laut (Mdpl). 

Manajer Unit Layanan Pusat Listrik Tenaga Air (ULPLTA) Koto Panjang, Cecep Sofhan Munawar mengatakan, tinggi elevasi waduk sudah menyentuh 81,34 meter di atas permukaan laut (MdPL) pada Selasa (14/03/23).

Cecep menjelaskan, Naik sekitar 34 cm dari hari sebelumnya, Senin (13/3/2023), di angka 81 MdPL. elevasi masih menunjukkan tren kenaikan.

"Pagi ini elevasi 81.34 MdPL. Dari update kemarin 81 MdPL," ujarnya.

Kata Cecep, debit air masuk (inflow) terpantau fluktuatif.

Pencatatan dilakukan setiap jam. Inflow rata-rata pada Selasa pagi di angka 764,24 meter kubik per detik (m⊃3;/s).

Angka tersebut dari hasil pencatatan dalam waktu 24 jam. Yaitu, dari pukul 10.00 WIB hari sebelumnya sampai jam yang sama pada Selasa (14/3/2023).

Seperti pada pukul 10.00 WIB, inflow menyentuh 1.162,25 m⊃3;/s. "(Inflow per jam) ada yang 1000, ada yang tidak," kata Cecep.

Angka outflow via turbin itu dinaikkan dari pukul 08.00 WIB di angka 175,45 m⊃3;/s.

Sementara itu Kepala Pelaksnaan (Kalaksa) BPBD Kampar Drs Agustar mengutarakan berdasarkan Monitoring, Pemkab Kampar mengeluarkan himbauan dan mengingatkan kepada seluruh masyarakat yang berada di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Kampar untuk selalu waspada dan hati-hati. 

Dikatakan Drs Agustar bahwa kita telah mengeluarkan himbauan kepada masyrakat agar berhati-hati 
mengingat debit air PLTA Koto Panjang yang sudah memasuki level 81 mdpl, begitu juga kepada masyrakat yang berada di DAS sungai yang ada di Kabupaten Kampar. 

Agustar mengingat dalam beberapa hari kedepan masih berpotensi  tingginya air yang masuk ke PLTA, akibat masih tingginya intens hujan di wilayah sumatera barat yang berpengaruh terhadap debit air plta koto panjang" Kata Agustar 

Untuk itu kami menghimbau kepada seluruh masyarakat :

1.Menghimbau dan mengingatkan kepada masyarakat untuk lebih waspada terutama para petani kerambah dan masyarakat yang ada di bantaran sungai KAMPAR, terkait masih tingginya intensitas hujan di wilayah Kabupaten Kampar yang mulai menyebabkan anak sungai dan permukaan sungai kampar kanan, kampar kiri dan tapung mengalami fluktuatif peningakatan debit air permukaan. 

2.Menghimbau dan mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak melakukan aktifitas wisata air dan lokasi pemandian darat yang berlokasi di pegunungan/perbukitan. 

3.menghimbau para orang tua untuk mengawasi anak dibawah umur agar tidak bermain di tepian sungai,kanal dan tepi perbukitan,mengingat sewaktu waktu dapat terjadi potensi bencana. 

Dikatakan Agustar bahwa Untuk info resmi PLTA terkait pembukaan pintu spillway belum keluar namun dari hasil pantauan dan koordinasi kami dengan PLTA Koto Panjang ,maka pagi ini kami sebarkan himbauan kepada masyarakat terkait masih tingginya intens hujan di wilayah kampar serta kewasoadaan kenaikam debit air permukaan PLTA Koto Panjang. (**)