Foto: Penjabat Bupati Kampar Dr Kamsol Jelang Setahun Menjabat Bupati, Kamsol Dinilai Diterima Semua Lapisan Masyarakat Kampar.

BANGKINANG - Jelang memasuki satu tahun masa jabatan Dr. Kamsol sebagai penjabat Bupati Kampar, elok kiranya kita lihat apakah ia diterima oleh masyarakat daerah berjuluk Bumi Sarimadu ini.

Menurut Udo Muslim, aktivis LSM yang biasa membela hak-hak dan kepentingan rakyat kecil yang terabaikan, mengatakan bahwa Kamsol sangat diterima oleh semua lapisan dan komponen masyarakat di Kampar. 

"Sepuluh bulan lebih kurang ini, Kamsol sebagai Pj. Bupati sangat diterima oleh lapisan masyarakat. Birokrat, ASN, kalangan politisi, aktivis pemuda mahasiswa, kalangan ninik mamak para datuk, tokoh agama hingga rakyat biasa menyambut baik setiap keberadaan Kamsol," ujar Muslim, Minggu (19/3/2023).

Menurut Muslim, situasi ini tentu berbanding terbalik dengan prediksi beberapa pihak di awal menjabat, bahwa Kamsol akan kurang diterima oleh masyarakat Kampar.

"Dugaan beberapa pihak dulu di awal, bahwa Kamsol tak akan diterima ternyata salah. Kamsol sangat diterima oleh semua kalangan di Kampar," sambung Muslim lagi.

Untuk itu, Muslim berharap Kamsol terus dipercaya oleh pusat sebagai Penjabat Bupati Kampar sampai pilkada selesai digelar nanti di akhir 2024.

Salah satu indikator dari penerimaan itu, kata Muslim Kamsol hari-hari diundang oleh masyarakat ke berbagai desa. Acara skala besar kecil pun antusias mengundang Kamsol hadir.

Senada dengan Muslim, Dasrel yang seorang wartawan pun menilai Kamsol cukup menyatu dengan masyarakat. Kamsol kata dia cukup disukai oleh publik di Kampar. 

Dengan kondisi itu, ia berharap Kamsol bisa memimpin Kampar hingga akhir 2024 nanti. 

"Saya rasa lebih baik Kamsol diteruskan sebagai Penjabat Bupati Kampar, beliau sudah menyatu dengan masyarakat Kampar. Kalau sampai ditunjuk orang baru lagi sebagai Pj nanti butuh waktu adaptasi lagi, itu pun belum tentu klop seperti yang dialami oleh Pak Kamsol ini," ucapnya.

Kamsol dia nilai mudah membaur, pandai berkomunikasi, punya empati dan sangat egaliter (setara). Ia pun disebut rajin turun blusukan cek kondisi riil di lapangan dan peduli pada rakyat susah. ***