Foto: Pj Bupati Kampar Buka Musrenbang Kabupaten Kampar Tahun 2023

KAMPAR - Pj Bupati Kampar Dr H Kamsol, resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Kampar tahun 2023, kamis (16/3/2023).

dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kampar tahun 2024 tersebut mengangkat Tema " Menjadikan Kampar berdaya saing, Sejahtera, Bermartabat dan Unggul di Provinsi Riau" yang digelar di Aula Rumah Dinas Bupati Kampar Bangkinang.

Sebelum memberikan arahan, Dr Kamsol terlebih dahulu menyerahkan secara simbolis penghargaan kepada Kecamatan terbaik dalam pelaksanaan Murenbangcam tahun 2023 yakni Kecamatan Tapung Hilir. 

Selanjutnya Desa yang berhasil Penurunan Stunting den penaggulangan kemiskinan Ekstrem, pertama diraih Kecamatan Kuok, Kampar kiri, dan Kecamatan Kampar Kiri Tengah, serta Desa pencapaian bebas Stunting indek Desa membangun adalah Desa Gunung Sari Kecamatan Gunung Sahilan.

Kamsol megatakan agar dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah, bahwa dalam penyusunan program yang dibuat, lihat terlebih dahulu indikator-indikatornya tercapai atau tidak, dan menimbulkan hasil yang meningkat atau tidak.

Banyak inovasi atau program utama yang bisa di rangkum dalam RKPD saat ini, dalam peningkatan ekonomi masyarakat masih banyak yang bisa dikembangkan, hal ini seperti sektor perikanan, dimana dengan berdirinya pabrik Abon Patin yang membutuhan 18 ton/bulan dan menghidupkan kembali Gudang Beku Terintegrasi atau ICS (Integrated Cold Storage).

Kemudian sektor pertanian, dimana saat ini kampar telah menemukan dan melakukan menerapkan inovasi Teknologi Intensifikasi Padi Aerob Terkendali Berbasis Organik (IPAT-BO).

Dengan Inovasi baru ini, terjadi peningkatan lebih dari 100 persen produksi gabah, yang sebelum penerapan IPAT-BO Produksi 1-3 ton/haktare 1 kali tanam/tahun. Setelah penerapan IPAT-BO meningkat sebesar 7,4 ton/haktar (146%) 2-3 kali tanam/tahun. 

Selanjutnya, dalam menyusun RKPD, Dinas juga mesti paham bidang apa yang masih rendah dan kegiatan apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan program ini. Misal peningkatan angka rata-rata lama sekolah atau tidak ada lagi."ucap Kamsol".

Selain itu, dengan kehadiran beberapa anggota dewan, kita juga berharap kepada para wakil rakyat ini terus dapat mengisi pembangunan kampar melalui kue-kuenya, baik dari anggota DPRD Riau dapil Kampar maupun DPR RI dapil Riau.




Usai sambutan dari Pj Bupati Kampar, espose disampaikan langsung melalui Via Zoom oleh Deputi Bidang Pengembangan Fungsional PPN/Bapenas RI , Andri, MR, Mardiah,ST,M.Bus,PHP, dan Ditjen Bina Oengembangan Daerah Kemendagri Efin Mai Arrifian,ST.

Sementara itu Kepala Bapeda Provinsi Riau diwakili Fungsional Perencanan Madya Rahmad Rahim, sedikit menjelaskan terkait target Indikator Makro kabupaten. kampar sendiri dalam laju pertumbuhan ekonomi sebesar 3,50-4,050 persen, tingkat kemiskinan 6,86-7,19%, tingkat Pengangguran terbuka 2,72-2,95 persen, Indek Pemnangunan Manusia 74,54-74,98, serta Rasio Gini 0,192-0,202.

Usai sambutan dari Pj Bupati Kampar, espose disampaikan langsung melalaui Via Zoom oleh Deputi Bidang Pengembangan Fungsional PPN/Bapenas RI , Andri, MR, Mardiah,ST,M.Bus,PHP, dan Ditjen Bina Oengembangan Daerah Kemendagri Efin Mai Arrifian,ST.

Dalam kesempatan tersebut, hadir juga Anggota DPRD Riau Hj Eva Yuliana,SE, Anggota DPRD Kampar Anotona Nazara, Edi Afrizon, Forkopimda Kampar, Kepala Bappeda Kabupaten Kampar, Ardi Mardiansyah,S.STP, M.Si, para Asisten, staf Ahli, Kepala Dinas, para Camat, Kepala BUMN,BUMD, Universitas dan Organisasi. (ADV)