KAMPAR - Perhelatan akbar Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 semakin dekat. Nama Dasril Affandi SH MH atau dikenal juga dengan sebutan DA semakin ramai didukung oleh masyarakat Kampar sebagai calon anggota DPR RI dari Riau.

Ia disebut-sebut mendapat banyak dukungan dari masyarakat dengan beberapa alasan. Sebenarnya ada banyak alasan mengapa kita mesti memilih Dasril Affandi di Pemilu 2024 nanti. Tapi, kita akan coba rangkum beberapa di antaranya saja.

Berikut 10 alasan mengapa kita mesti memilih Dasril Affandi sebagai anggota DPR RI dari Riau;

Pertama, Dasril Affandi adalah tokoh muda Kabupaten Kampar yang yang usianya baru 44 tahun. Dengan usia yang cukup muda ini, ia akan lebih enerjik dan bugar bekerja dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat Riau di Jakarta.

Kedua, Dasril Affandi adalah putra asli Kampar Riau. DA berasal dari Desa Padang Sawah, Kecamatan Kampar Kiri. Tentu saja, komitmennya dalam memperjuangkan kemajuan Kampar dan Riau tidak perlu diragukan lagi.

Ketiga, sebagai mahasiswa Kampar yang lama menimba ilmu di Jakarta, Dasril Affandi punya banyak jaringan, kawan alumni yamg tersebar mulai dari Kampar hingga ke kabupaten/kota di Riau. Hal ini tentu saja akan sangat membantu dirinya dalam mendulang suara sebanyak-banyak, baik di Kampar maupun di Riau. Ditambah pula ia sudah dilantik sebagai Ikatan Keluarga Alumni Mahasiswa Kampar Jakarta (IKA-MKJ).

Keempat, Dasril Affandi adalah orang Kampar yang sukses merantau di ibukota negara, Jakarta. Ia bahkan sudah bisa disebut sebagai pengacara papan atas. Dan tentu saja, di Jakarta ia memiliki banyak relasi dengan orang-orang hebat. Punya hubungan relasi dengan orang-orang penting di Jakarta ini akan sangat membantu perjuangan Dasril di Senayan demi kemajuan Kampar dan Riau.

Kelima, Dasril Affandi sosok muda, intelektual dan agamis, sebagaimana halnya orang-orang Kampar pada umumnya. Walau tanpa embel-embel gelar ustadz.

Keenam, Dasril Affandi adalah sosok yang sangat terbuka bagi semua kalangan, ia sangat pro-daerah. Ia sangat nasionalis dan saat yang bersamaan ia adalah sosok yang religius. Bisa dibilang ia adalah sosok mendekati ideal sebagai wakil rakyat di Senayan, ia muda, intelektual, punya pergaulan luas, smart dan tidak eksklusif. DA membaur serta bisa bergaul dengan semua komponen dan kalangan.

Ketujuh, sebagai seorang pengacara papan atas, Dasril Affandi memiliki kemampuan komunikasi yang sangat baik. kemampuan bernarasi dan olah katanya di atas rata-rata, dan skill itu sangat dibutuhkan dalam bekerja sebagai wakil masyarakat Riau di Senayan.

Kedelapan, peluang Dasril Affandi untuk berhasil menuju Senayan sangat terbuka lebar. Jumlah pemilih Kampar yang hampir 600 ribu akan signifikan menyumbang suara bagi Dasril Affandi. Belum lagi keberadaan tokoh Kampar lainnya yang mencaleg di partai yang sama akan membuat raihan suara PAN di Kampar semakin besar. Belum lagi raihan suaranya dari kabupaten lain.

Kesembilan, APBD Kabupaten Kampar semakin tahun cenderung mengecil. Sementara kebutuhan pembangunan Kampar semakin tinggi. Dengan adanya tokoh Kampar yang duduk di DPR RI diharapkan akan mampu menarik pembangunan dari APBN ke Kampar guna menutupi kekurangan APBD. Jadi kita harus punya perwakilan "orang Kampar" di Senayan.

Kesepuluh, Dasril Affandi yang good looking (berpenampilan menarik) membuatnya sangat mudah "dijual" ke masyarakat. Dengan kelebihan itu, DA diyakini akan mudah menarik hati masyarakat menjatuhkan pilihan padanya.


By : Nazaruddin Jeki, wartawan yang tergabung dengan Organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kampar