Foto : Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bangkinang Mishbahuddin.

KAMPAR - Sebagai bentuk tindak lanjut dari Arahan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI terkait maraknya pengaduan terhadap Lapas/Rutan mengenai Peredaran Narkoba, Penipuan Online, Pungli dan lain-lain, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bangkinang beserta jajaran melaksanakan Deklasari Anti Narkoba.(8/5)

Dalam Apel deklarasi Anti HALINAR (Handpone, Pungli dan Narkoba) yang dilaksanakan di Lapangan Apel Lapas IIA Bangkinang ini, Mishbahuddin bertindak langsung sebagai pembina apel dihadapan seluruh jajaran petugas Lapas IIA Bangkinang dan petugas Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Kampar.

Setelah melakukan Penandatanganan Deklarasi Anti HALINAR oleh Petugas dan perwakilan WBP Lapas Bangkinang, Mishbahuddin berharap Komitmen bersama ini terus dijaga dan dilaksanakan dengan penuh rasa tanggungajawab sebagai bentuk Lapas IIA Bangkinang yang bebas HALINAR.

“Saya berharap kepada kita semua agar deklarasi yang kita lakukan pagi ini tidak hanya sebatas penandatanganan kesepakatan bersama, tetapi sebagai janji terhadap institusi dan diri sendiri serta pastinya akan dipertanggunjawabkan dihadapan Allah SWT bahwa kita semua telah berkomitmen untuk menyatakan perang terhadap HALINAR.” Ucap Mishbahuddin.

Lebih lanjut lagi Mishbahuddin menekankan berjanji akan menindak tegas petugas yang berani melanggar komitmen bersama ini dan bermain dengan penyalahgunaan HALINAR.

“Dihadapan saudara semua saya berjanji akan menindak tegas petugas Lapas IIA Bangkinang jika ada yang terlibat penyalahgunaan Handphone dilingkungan Lapas, terlibat praktik pungutan liar serta terlibat penyalahgunaan Narkoba ataupun terlibat peredaran Narkoba baik langsung maupun tidak langsung. Akan saya usulkan dilakukan pembinaan bahkan pemecatannya kepada atasan," Tegas Mishbahuddin.

Menutup amanatnya, Mishbahuddin menyampaikan kepada perwakilan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) agar melaporkan jika ada petugas yang bermain dengan WBP lainnya untuk ditindak secara tegas.

“Terakhir saya sampaikan kepada WBP kami yang sedang menjalani hukuman di Lapas IIA Bangkinang ini untuk dapat menjadi rekan bersama untuk memerangi HALINAR, laporkan jika saudara melihat atau bahkan mengetahui petugas ataupun sesame WBP melakukan pelanggaran terhadap komitmen bersama ini,"Tutup Mishbahuddin.