Foto : Diseminasi Digital Marketing Kepariwisataan  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung.

TULUNGAGUNG - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Tulungagung menggelar kegiatan "Diseminasi Digital Marketing Kepariwisataan" sebagai upaya penguatan Promosi dan Pemasaran pariwisata baik dalam dan luar negeri di kabupaten maupun kota, dalam rangka mensukseskan program pemasaran pariwisata.

Kegiatan tersebut berlangsung di Barn Meeting dan Convention Liur Caffe, Jalan KH Abdul Fatah Kabupaten Tulungagung, Rabu (21/6/2023).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung Bambang Ermawan mengatakan, terselenggaranya kegiatan ini merupakan salah satu bentuk sinergitas antara pemerintah kabupaten dengan para pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai sarana mempromosikan pariwisata dari berbagai media sosial ( Sosmed).

Untuk meningkatkan kemampuan serta kreatifitas di bidang promosi dan pemasaran pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata merangkul pengurus BUMDES untuk bekerjasama juga bersinergi dalam pemberdayaan potensi dan eksistensi pariwisata yang ada di Kabupaten Tulungagung.

"kegiatan ini bisa dukatakan wujud keharmonisan kerjasama antara pengurus BUMDES dan pemerintah Kabupaten Tulungagung, besar harapan semoga kedepannya dapat meningkatkan perekonomian , kesejahteraan masyarakat guna mendukung kemajuan pembangunan khususnya dalam bidang promosi dan pemasaran pariwisata,"ungkap Bambang Ermawan.

Tak kalah penting, adanya upaya penguatan promosi dah pemasaran pariwisata yaitu menerapkan digital marketing pariwisata melalui sosmed, bisa mendongkrak angka kunjungan wisatawan baik Nusantara maupun mancanegara untuk Kabupaten Tulungagung tahun 2023, bahkan bisa melebihi target angka kunjungan wisatawan dari tahun ke tahun.

Di tempat yang sama, praktisi Social Media Branding Kabupaten Tulungagung Suhita Wiratri secara detail menjelaskan tentang pengoptimalan social media branding khususnya untuk Bumdes.Bagaimana mereka mengenali brand, menentukan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam membuat konten dan mulai perluasan informasi melalui konten yang di upload.

Penulis: Gusti Indah