Foto : Cuaca ekstrem pada masa pancaroba atau peralihan musim.

TULUNGAGUNG - Apoteker Ahli Madya Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tulungagung  Rintanantasari, mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan, karena perubahan suhu udara berpengaruh pada tubuh, Selasa (6/6/2023).

Cuaca ekstrem pada masa pancaroba atau peralihan musim, Dalam sepekan ini cuaca sedang tak bersahabat, suhu panas di siang hari dan gerah di malam hari, membuat imunitas tubuh menurun, dan muncul penyakit musiman biasanya flu.

"Cuaca seperti mendung dan kaang kala hujan dapat menimbulkan efek signifikan bagi masyarakat, di satu sisi bisa mengurangi efek panas dan polusi udara, namun di sisi lain dapat menimbulkan munculnya penyakit seperti flu, batuk,pilek, penyakit kulit karena alergi," kata Rinta.

Kata dia, Untuk mencegah dan mengatasi dampak yang ditimbulkan dari perubahan cuaca yg tidak menentu dia menghimbau untuk mengkonsumsi makanan bergizi, 
minum vitamin guna meningkatkan daya tahan tubuh dan minum air putih yang cukup.

Selanjutnya, melakukan aktivitas atau olahraga cukup, menghindari makanan dan minuman dingin, serta bila keluar hendaknya menggunakan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat.

Jangan lupa istirahat cukup, hindari tempat yang lembab dan banyak polusi, menjaga kebersihan badan dan lingkungan, menghindari kontak dengan orang yang sedang sakit", terang Rinta.

Penulis : Gusti Indah