Foto : Penerima bantuan program BAZNAS di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso.

TULUNGAGUNG - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Tulungagung melakukan pendistribusian program pendayagunaan Tahun 2023 oleh Bupati Tulungagung Drs Maryoto Birowo di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso Kabupaten Tulungagung, Selasa (13/6/2023) sore.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperhatikan pentingnya pendayagunaan zakat produktif dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi.

Ketua BAZNAS Tulungagung K.H Samsul Umam menyampaikan terima kasih kepada bapak bupati telah memberikan fasilitas kepada kami untuk memudahkan Penyaluran dana infaq zakat shodaqoh semoga menjadi amal baiknya baik di dunia dan akhirat.

" Alhamdulillah zakat di Kabupaten Tulungagung yang pertama adalah 85 juta setiap bulannya, pada saat ini sudah disalib oleh dinas pendidikan sekitar 170 juta,"Ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Tulungagung Drs. Maryoto mengatakan, pemerintah menyambut baik dan mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini, semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat dan mudah mudahan pertemuan ini dicatat oleh Allah sebagai amal ibadah yang bermanfaat, baik di dunia maupun di akhirat.

Terbentuknya baznas merupakan wujud kepedulian pemerintah dalam ikut memberikan kontribusi terhadap pengelolaan zakat agar lebih terorganisir dengan standar manajemen yang mengikuti perkembangan zaman.  

Adapun rincian Pendistribusian program pendayagunaan zakat, diantaranya, Insentif 105 Guru honorer se-Kabuaten Tulungagung dengan total bantuan Rp. 57.500.000

Selanjutnya, Insentif 127 Guru TPQ, Guru madrasah Diniyah, Marbot, dan Da'i Da'iyyah total bantuan Rp. 63.500.000,-, bantuan pendidikan untuk 201 siswa jenjang SD/MI se-Kabupaten Tulungagung total bantuan sebesar Rp. 30.150.000,-

Untuk bantuan pendidikan untuk 200 siswa jenjang SMP/MTS se-Kab. Tulungagung total bantuan Rp. 40.000.000,- paket Peralatan kesehatan dan UKS di sekolah dasar total bantuan Rp. 8.000.000, dan 
bantuan modal usaha pedagang kecil untuk 125 orang total bantuan Rp. 187.500.000,-

Penulis : Gusti Indah