Foto : Upacara Peringati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023

TULUNGAGUNG - Bertempat di halaman Pemkab Tulungagung telah dilaksanakan Upacara dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, Kamis (1/6/2023), mengangkat tema, " Gotong Royong Membangun Peradaban Dan Pertumbuhan Global".

Pada Moment tersebut, Bupati Tulungagung Drs Maryoto Birowo menyampaikan, gotong royong adalah nilai yang melekat dalam jiwa bangsa Indonesia mengajarkan kita untuk saling membantu, bekerja sama, dan berbagi beban dalam rangka mencapai kemajuan secara komunal, melalui semangat gotong royong, kita dapat mengatasi tantangan dalam membangun peradaban yang berkelanjutan.

"Pada era globalisasi ini, tantangan yang dihadapi oleh dunia semakin kompleks dan saling terkait. Dengan perubahan iklim, kemiskinan , ketimpangan ekonomi, dan konflik menjadi tantangan bersama yang harus kita pecahkan", kata Bupati Maryoto.

Namun, melalui semangat gotong royong, kita dapat mencapai solusi bersama dengan berbagi pengetahuan, sumberdaya , dan teknologi untuk mencapai perubahan positif.

Masih kata Bupati Tulungagung Maryoto Birowo, melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2023, Pancasila perlu diadakan sebagai sumber inspirasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, Idiologi negara dan pandangan dunia dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia,"ulasnya.

"Untuk itu, mari bersatu membangun bangsa guna merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan,"ujarnya.

Penulis : Gusti Indah