Foto : Trisuci Waisak  25567/ 2023 di Vihara Buddha Loka Tulungagung

TULUNGAGUNG - Umat Buddha melakukan kegiatan keagamaan menyambut Hari Raya Waisak 2567 BE/ 2023 di Vihara Buddha Loka Kabupaten Tulungagung, mengusung tema, " Memperkokoh Moral Membangun Kedamaian Bangsa".

Puncak Tri Suci Waisak berlangsung Pukul 9.41 wib dilaksanakan puja bakti dilanjutkan Meditasi di 
dhammsala Vihara Budha Loka, Minggu (4/6/2023).

Momen penting memperingati tiga peristiwa dalam kronologi kehidupan Guru Agung Buddha, dengan kesamaan ciri terjadi pada purnama sidi di Bulan Waisak.

Peristiwa pertama yaitu, kelahiran pangeran Siddhartha calon Buddha di taman Lumbini, Kapilavatthu, Nepal .

Kedua, pencapaian pencerahan sempurna, Petapa Siddhata menjadi Buddha di Bodhgaya, India dan ketiga, kemangkatan atau Mahaparinibbana sang Buddha di Kusinara, India.

Bhikku Pembina di Vihara Buddha Loka Kabupaten Tulungagung Bante Sukhito Mahatera mengatakan, peringatan trisuci Waisak yang Agung dan mulia ini, Sangha Theravada Indonesia sesuai tema, Memperkokoh Moral, Membangun Kedamaian Bangsa, umat Buddha diajak untuk memaknai momentum Waisak dengan meneladani satu dari sekian banyak kualitas luhur Sang Buddha, yang selanjutnya menjadi ajaran nya paling mendasar yakni terkait Moral atau sila.

Pada peringatan Trisuci Waisak 2567 tahun ini, kehidupan manusia tidak luput dari berbagai persoalan yang datang dari kondisi diluar diri seperti Pandemi, konflik antarkrlompok, tindak ke minslitas, melainkan juga tidak terpisahkan dari problem yang menjadi konsekuensi manusia sebagai individu.

Di sebutkannya, Stres dan depresi adalah sedikit dari kondisi batin yang tertekan akibat ketidaksiapan dalam menghadapinya. Di lain sisi, kehidupan damai dan bahagia yang bebas dari kenestapaan senantiasa menjadi harapan setiap insan.

Penulis : Gusti Indah