Foto : Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Tulungagung Robinson Nadaek.

TULUNGAGUNG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tulungagung ingatkan masyarakat untuk selalu waspada di kondisi cuaca tak tentu seperti saat ini.

"Masih berpotensi hujan ringan, Kondisi curah hujan hendaknya menjadi perhatian terutama kondisi pepohonan yang ada di lingkungan, baik itu kondisinya lapuk ataupun berpotensi tumbang," tegas Robinson Nadaek

"Diimbau pada masyarakat untuk tetap waspada dan hati hati terhadap keadaan cuaca yang saat ini tidak menentu atau cuaca ekstrem", kata Kepala Pelaksana harian BPBD Tulungagung Robinson Nadaek, Kamis  6 Juli 2023.

Kata dia, hujan di musim kemarau curah hujan ringan hingga lebat berpotensi mengguyur wilayah Kabupaten Tulungagung, masyarakat waspada dan diharapkan menjaga kebersihan lingkungan khususnya saluran air agar tidak ada sampah yang menghambat.

Selain itu, adanya peristiwa gempa di Bantul berdampak getaran sampai terasa di Tulungagung, untuk itu tetap berhati hati, tetap tenang dan jangan panik karena gempa tersebut tidak berpotensi tsunami, namun harap waspada terhadap potensi terjadi gempa.

Sementara itu, ada beberapa titik wilayah di Kabupaten Tulungagung mengalami rawan kekeringan seperti di Kecamatan Pucanglaban, Kecamatan Tanggunggunung dan Kecamatan Kalidawir.

" Kemarin ada permintaan air bersih salah satunya dari Desa Rejosari Kecamatan Kalidawir, dengan kondisi hujan hingga sekarang ini permintaan itu dibatalkan karena persediaan air sudah tercukupi. Jika ada masyarakat yang butuh bantuan, langkah antisipatif kami yakni mengoptimalkan tangki tangki air yang dimiliki BPBD, jadi bisa untuk menyuplai air bersih dan itu sudah kita siapkan," ujarnya. (Indh)