Foto : Hujan Deras Disertai Angin Kencang di Tulungagung.

TULUNGAGUNG - Hujan deras disertai angin kencang di wilayah Kabupaten Tulungagung memicu terjadinya banjir dan pohon tumbang, Jumat (7/7/2023). 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tulungagung menyebutkan, pohon tumbang menimpa kabel listrik di Desa Gambiran Kecamatan Pagerwojo, tapi sudah ditangani PLN. 

Selanjutnya, kejadian banjir kiriman dengan ketinggian kurang lebih 30 sampai dengan 50 centimeter sehingga sawah terendam banjir, terjadi di Desa Besole Kecamatan Besuki tidak ada korban jiwa atau luka akibat bencana alam. 

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tulungagung Robinson Nadaek melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Gilang mengungkapkan, berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG), juanda tentang kewaspadaan cuaca ekstrem akibat gangguan atmosfer diwilayah jawa timur pada tanggal 7-13 juli 2023, mengakibatkan peningkatan awan cumulonimbus yang dapat memicu terjadinya cuaca ekstrem seperti hujan lebat disertai petir dan angin kencang. 

Untuk itu, masyarakat perlu mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang dapat mengakibatkan terjadinya bencana hidrometerologi (hujan lebat, tanah longsor, puting beliung, hujan es dan banjir). (Indh)