Foto : Nelayan Pantai Popoh di Desa Besole.

Suaramuda.com - Nelayan  pantai popoh di Desa Besole, Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung saat ini sedang panen ikan awon awon, Sabtu (22/7/2023).

Nelayan pantai Popoh Nurhasan (73), mengatakan , dalam sepekan ini para nelayan mengalami musim panen, khususnya ikan awon awon. selain itu, ada tangkapan melimpah jenis ikan tapak ilat dan ikan semar.

"Hasil tangkapan bergantung pada cuaca. Jika cuaca nendukung, sekali tangkapan mendapat setengah kuintal 30 sampai 40 kilogram ikan,"kata Popoh.

Dikatakan Popoh, Ancaman gangguan angin kencang dan  gelombang tinggi tak menyurutkan para nelayan tetap nekat melaut demi memenuhi kebutuhan hidup  keluarga sehari hari.

Pria asal Kabupaten Pasuruan ini sejak tahun 1980 sudah  tinggal sekitar pesisir pantai Popoh. menjaring ikan merupakan  pencarian utama, dari  nelayan ia bisa membesarkan anak anaknya.

"Setelah perahu di jual, saya ikut  anak  yang juga memiliki perahu sendiri. Jadi setiap hari berangkat bersama jam 05.00 Wib atau habis subuh sampai siang sekitar jam 10.00 Wib, sebelumnya pada sore hari jaring ikan sudah kita pasang di laut dan paginya tinggal kita tarik,"Ujar Popoh kepada Suaramuda.

"hasil penjualan ikan lumayan membahagiakan, kadang sekali tangkap dijualnya laku hingga Rp 500 ribu lebih, kadang turun, pernah saat melaut ke tengah laut, cuaca buruk nelayan tak mendapat ikan, ada pun hanya sedikit sekali,"imbuhnya. (Indh).