Foto : para kandidat balon bupati Kampar 2024.

Suaramuda.com - Sejumlah kandidat Bakal Calon Bupati Kampar gamang menyambut tahun politik 2024. Mereka masih belum percaya diri mengambil keputusan saat ini. Umumnya mereka masih akan menunggu hasil pileg di Februari 2024 nanti. Para balon mengaku baru akan membuat keputusan setelah hasil pemilihan legislatif diketahui.

Kami berkesempatan menanyai beberapa kandidat bakal calon bupati potensial di antaranya, Yuyun Hidayat, Ardo, Edwin Pratama Putra dan Tamaruddin.

Ardo mengatakan, belum bisa membuat keputusan saat ini apakah akan maju atau tidak pada pemilihan Bupati Kampar 2024. Sebut dia, keputusan akan diambil apabila hasil pileg telah diketahui.

"Keinginan pasti ada. Tapi semua akan ditentukan oleh hasil pileg dulu. Pengurus dan para kader Demokrat saat ini tengah fokus ke pileg dulu," ujar politisi muda yang kini memimpin Partai Demokrat Kabupaten Kampar itu pada wartawan, tengah pekan kemarin.

Yuyun Hidayat lain lagi. Anak mendiang mantan Bupati Azis Zaenal itu mengaku tak punya dan tidak akan berambisi menjadi bupati.

"Kalau ambisi saya tak ada. Kalau keinginan masyarakat kuat ingin memberi amanah ke saya, insyaallah saya siap," ujar Ketua Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Kampar ini saat ditemui di sela acara resesnya di Langgini pekan kemarin.

Kata dia, tujuannya maju adalah untuk mengabdi bukan demi ambisi kekuasaan. Prinsip itu katanya juga sesuai dengan wasiat sang mendiang ayah, Azis Zaenal.

Sama seperti Demokrat, partai Yuyun, PPP juga tengah berkonsentrasi menghadapi pileg. Untuk menghadapi pileg yang kemudian akan sangat berpengaruh pada keputusan yang akan diambil, PPP katanya, menyiapkan caleg-caleg muda. Bahkan komposisi caleg muda PPP mencapai 68 persen.

Sementara, figur potensial lainnya, Edwin Pratama Putra yang saat ini sedang menjabat sebagai anggota DPD RI, mengatakan, dirinya masih sedang mencermati perkembangan situasi jelang helat tahun politik 2024. Ia masih mengkalkulasikan segala kemungkinan yang akan dia ambil nanti, apakah akan maju atau tidak.

Cucu pahlawan Kampar, Datuk Tabano ini mengatakan dirinya sudah didatangi oleh beberapa elite partai politik membicarakan terkait peluangnya maju di Pilkada Kampar 2024 nanti.

Tamaruddin, Ketua DPD PKS justru tengah gencar mensosialisasikan tagline 'Kampar Satu' miliknya. Tamar mengatakan ia siap maju menjadi calon Bupati Kampar dari partainya.

Ia menerangkan, partai politik memang dibuat untuk berkompetisi "berebut" jabatan politis seperti jabatan kepala daerah.

"Yang namanya partai tentu merebut kekuasaan," ujar mantan aktivis dakwah kampus ini, Rabu (26/7/2024).

Tutur Tamar, di PKS sejauh ini belum ada satu nama pun yang benar-benar sudah final akan diusung. Yang pasti, katanya sebagai salah satu kader senior PKS Kampar, ia sudah diminta untuk mulai bersosialisasi sejak kini.(Redaksi)