Foto : Pembangunan irigasi dalam mendukung pertanian di Desa Batangsaren

Suaramuda.com - Upaya menghidupkan pertumbuhan ekonomi, keberadaan saluran irigasi menjadi sarana  penunjang meningkatnya hasil pertanian sehingga perekonomian di Desa Batangsaren, Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung akan berjalan dan berkembang, Rabu (26/7/2023).

Hal tersebut mendorong pemerintah Desa Batangsaren terus mengupayakan adanya bantuan untuk saluran irigasi, melalui bidang empat pemberdayaan masyarakat desa, sub bidang Pertanian dan Peternakan bentuk  kegiatan pembangunan saluran irigasi sawah Segalih Etan.

Pembangunan jaringan  irigasi berlokasi di Dusun Patik RT 03 RW 11 ini, volume 311 meter (0.3m+ 0,6m x0,4 m), jumlah dana sebesar Rp 236,794,000, dengan sumber dana berasal dari Dana Desa ( DD) tahun anggaran 2023.

"Pelaksanaan pembangunan saluran irigasi ini telah dilaksanakan selama 113 hari, dengan total Dana Desa  digelontorkan  Rp 236, 794,000  digunakan untuk pembangunan irigasi bidang empat  pemberdayaan masyarakat, tujuannya untuk mendongkrak  produktifitas petani yaitu padi, dan jagung menuai hasil yang memuaskan," ungkap Kepala Desa Batangsaren Ripangi.

Dia mengatakan, dibangunnya irigasi, masyarakat merasa lega lantaran bisa dirasakan manfaatnya. Selain itu, peran irigasi merupakan faktor penting dalam produksi padi di sawah, bahkan sebagai sumber bagi ketersediaan air  untuk mengairi lahan pertanian. Jadi, jaringan  irigasi  tersier ini dilakukan dengan cara mengalirkan air ke sektor pertanian yang berfungsi sebagai prasarana pelayanan air.

Sumber air irigasi  merupakan kebutuhan baku, rehabilitasi saluran irigasi  penting  bagi warga petani. Manfaat irigasi pertanian nenjadi cara terbaik bagi  mereka untuk menanam dan menjadi solusi  meningkatkan produktifitas pertanian. Sedangkan  pertanian di desa kami sebelumnya pernah  mengalami  hambatan adanya  serangan hama hama tikus dan kini  sudah berkurang, dampaknya hasil panen belum sesuai harapan.(Indh)